Thursday, 3 March 2011

multiple intelligences

orang-orang biasanya memenuhi blognya, selain dengan tulisan, dengan berbagai badge dan widget atau apapunlah itu. salah satu yang cukup populer adalah badge untuk personality type dan multiple intelligences. berdasarkan beberapa sumber yang gw baca, akhirnya gw tahu apa definisi dari setiap tipe kecerdasan, sekarang akan gw bahas 3 besar kecerdasan versi gw, ehm:

1. Musikal (?!)
seseorang jadi peka terhadap suara nonverbal yang ada disekitar dia (nada dan *rhoma* irama). tipe seperti ini senang mendengar nada-nada baik dari kaset, radio, senandungnya sendiri, orkestra, dari alat musik yang dimankan sendiri. orang dengan kecerdasan ini mudah mengingat sesuatu dengan musik. profesi yang pas adalah penyanyi, pemain musik, komposer, dan bidang yang terkai musik.

faktanya: gw memang sangat suka musik!!ada masa-masa dimana gw apdet to the max dengan chart top 40, top request, dan classic songs; tidur semalaman dengan radio tetap nyala; dan hobinya nelpon ke radio buat request lagu.itulah anak kelas 5 sd yang labil.
main alat musik dan nyanyi? gw bisa main angklung dengan kesulitan menghapal partitur, main suling sunda sambil ngelirik teman di kanan-kiri, main recorder sambil akting seolah-olah niup recorder, dan choir sambil lipsync!!

kesimpulan: kecerdasan musik ini ga tepat buat gw kalau konteksnya pandai memainkan alat musik dan mumpuni dalam urusan nada (meskipun gw mengusai tangga nada mayor 1-1-1/2-1-1-1-1/2, kres, mol dsb). tapi tepat dalam konteks mudah ingat lagu kalau sudah pernah mendengar meski itu terjadi bertahun-tahun silam. jadi? ga gitu tepat!

2. Verbal/Linguistik
artinya orang tersbebut pandai menggunakan bahasa dan kata-kata secara lisan atau tulisan daam berbagai bentuk untuk mengekspresikan gagasannya. orang tipe ini senang membaca, membuat puisi, menulis, mnyusun kata mutiara.selain itu, daya ingatnya kuat akan nama orang, istilah baru, hal yang sifatnya detail. mereka mudah belajar dengan cara mendengarkan dan verbalisasi juga cepat menguasai bahasa baru. profesi yang pas adalah presenter, pengarang, penyair, wartawan, penerjemah.

faktanya: yes!!selama tpb, selain dari olahraga yang sksnya bagaikan recehan, nilai A gw hanya datang dari pelajaran bahasa inggris dan bahasa indonesia. kakak gw ampe bilang, 'mau jadi enjiner kok ga bisa fisika sama kalkulus, bisanya malah bahasa.' pret abis kan doi?! gw pernah ngerjain soal spmb b.indo punya kakak gw (angkatan 2002) nggak lebih dari 15 menit dengan salah nggak lebih dari 3, di mana kakak gw nilai spmb b.indonya paling hancur minahgoyangningsih.
daya ingat akan nama orang?mmm biasa aja sih. akan istilah baru?iya dong, selama istilah itu gw yang nyiptain *tolol*. mudah menguasai bahasa baru?yoi, bahasa 'or' dan bahasa-bahasa ciptaan sendiri *lagi-lagi tolol!*

kesimpulannya: this one is fit on me!yessss!

3. Kinestetik
cerdas gerak. seseorang dengan kecerdasan iniaktif menggunakan bagian/seluruh tubuhnya untuk berkomunikasi dan memecahkan masalah. mereka biasanya unggul dalam bidang olah raga, menari, bermain sulap, akrobat dan kemampuan yang melibatkan gerak tubuh.

faktanya: gw nggak tahu apakah gestur/bahasa tubuh yang menarik ketika berbicara termasuk ke dalam kecerdasan ini?!oh bukannnn,,bukan gw orang yang gesturnya bagus saat bicara, cuma nanya aja ;p
mmmm mmmm mmmmm
coba gw cocokkan ciri orang dengan kecerdasan ini dengan diri ini:
- suka bergerak ketika duduk -> ya!
- terlibat dalam kegiatan fisik (renang, sepeda, hiking, skate board) -> lumayan!
- suka menyentuh yang ingin dipelajari -> ya!
- menikmati melompat, gulat, lari -> ya, tapi ga pake gulat!
- terampil dalam kerajinan tangan -> nggak!
-menikmati bekerja dengan tanah liat, melukis dengan jari, dan kegiatan 'kotor' lainnya -> awwww!!!aku suka kegiatan kotor *PLAK!!!*, iya gw suka!!
- suka membongkar benda lalu menyusunnya lagi -> gw sih terima bongkar ga terima pasang,,bbzztttt

kesimpulannya : iya!cukup sesuailah


jadi kalo si tiga besar ini boleh gw rombak seenak udel gw, maka akan jadi:
1. cerdas linguistik
2. cerdas kinestetik
3. cerdas musik

hahay,,,what's yours?

2 comments:

  1. Kalo yang mbak sebut diatas 3 kecerdasan yang diaktifkan oleh otak kanan, saya setuju2 aja sih... secara hidup saya dari musik :D

    kalo dari otak kiri sih banyak mbak, bisa cerdas analitik (matematis) < pokoknya yang berhubungan dengan akademik sih (ga tau istilahnya) hehehe...

    ReplyDelete
  2. beujeut...jikalau kita menghubungkan aktif secara fisik dan suka bermain kotor, itu jadi agaaga gimana gitu ben...aheuheueheueheueheue >:D

    ReplyDelete