Sunday, 8 May 2011

donorisme

yak!!naga-naganya ini akan jadi postingan yang (sedikit) bermanfaat,,haakakaakaka, langka ini posting sesuatu yang (agak) penting

jadi kemarin-kemarin iseng baca lionmagz, dan di sana dipaparkan hal ihwal donor darah, ya sebenernya gw udah tahu sih donor itu baik. baik bagi yang mendonorkan maupun yang menerima donor :), tapi ada beberapa hal yang pada saat baca majalah itu baru gw tahu, seperti:

- donor bisa nurunin risiko jantung, kenapa? karena eh karena terlalu banyak zat besi dalam darah bisa mengoksidasi kolesterol dalam darah yang pada akhirnya akan menyumbat pembuluh darah. jadi donor bisa menjadi salah satu media penyalur kelebihan zat besi.

- donor itu bagus buat sel darah merah, kenapa? karena setelah kita donor, sumsum tulang belakang (bener gatuh?! ;p) justru jadi aktif untuk produksi sel darah yang baru, which means sel darah merah kita adalah sel darah yang baru dan segar!!!!!

- ini dia favorit gw : mendonorkan 450 ml darah = membakar 650 kalori!!!!pengen rasanya gw mendonorkan darah ini sebanyak-banyaknya!!!!!!hakakakakakaka,,engga deng, bisa-bisa gw yang cilaka ;p

sumber: lionmagz edisi mei 2011.

jadi pesan moralnya buat siapapun diluar sana yang sehat, which means beratnya 47 kilo (untuk donor perdana, donor kesekian kali boleh 46 kilo), hb minimal 12.5, tekanan darah mencukupi (gw ga tau standarnya berapa, soalnya gw sendiri 100/70 selalu boleh, karena penentu utama di nilai hb), ga hamil dan mens, cukup tidur, nggak ngobat, dll dll, marilah kita donor darah!!!untuk gw pribadi, donor darah itu memberi yang paling tidak terasa memberi. habis ngasih sesuatu tapi rasanya ga kehilangan apa-apa,,,mnuahahahhahahah

*widiwwww,, bentar lagi gw dilantik jadi duta pmi ;p*

4 comments:

  1. What??
    Dari mana datangnya 650 kalori itu??
    Kalah deh lari2 di treadmill 1 jam..
    hakakakakakakkak
    Sayang sekali di sini ngga ada PMI, mesti nunggu event2 tertentu atau pas cuti..

    ReplyDelete
  2. apalah artinya lari2 di tretmil sejam dibandingin dengan tidur2an 10menit membiarkan darah disedot,,,hakakkakaka

    tapi kan tretmil bisa tiap hari, kalo donor tiap hari????smelekum deh!!!!

    ReplyDelete
  3. ahhhhh.. hb gue nggak pernah muat deh. :(

    ReplyDelete
  4. ahhhh,,,nur,,,makanan lu ga oke sihhh, jangan kayak orang susah lah, makan dong makana bergiji *minta disambit* :))

    benerlah itu makanan ngaruh pisan sama hb

    ReplyDelete