Wednesday, 18 May 2011

TPA-Tes Potensi Akademik

baiklah, setelah postingan sebelumnya yang ga guna dan bersifat duniawi, kali ini gw datang dengan sesuatu yang (sedikit agak) berguna!!!

TPA= Tes Potensi Akademik. Tentunya udah pada nggak asing sama tes yang satu ini, tapi mungkin masih banyak yang merasa asing dengan tata cara ikutan tes ini secara individu *pembaca bilang bahwa mereka udah tau cara ikutan TPA, gw aja yang ga gaul!!bae we, ceuk aing oge blog-blog aing gitulohhhh*

Jadi kita mulai dari apa aja yang ada di dalam tes ini. Tes ini terdiria atas tiga bagian, yaitu:
1. kemampuan verbal, isinya mulai dari reading, cari persamaan kata, arti kata, dll. intinya mempertanyakan kemampuan kosakata dan pemahaman terhadap bacaan.
2. kemampuan kuantitatif, isinya soal matematika. mulai dari soal hitungan singkat (singkat tapi angkanya njelimet), deret, dan soal cerita.
3. kemampuan nalar, isinya soal cerita semodel A lebih gemuk dari B tidak lebih gemuk dari C, lebih pendek dari D, lebih tinggi dari E, bla bla bla, terus premis-premisan, sama gambar-gambar dan bangun ruang.

dan sumpahyabokya!!!TPA bappenas ini adalah TPA tersulit sepanjang hayat!!!!!ga maksud nakutin, tapi anjoy susahnya ampun!!!ga satu soal deret pun yang berhasil gw kerjain, gw korong semua pake jawaban E!!!!hakakakakka, untung tangan gw lincah, jadi begitu pengawas bilang '5 menit lagi' gw ga mikir lagi, langsung aja gw karang, hamdalah semua keisi!

skoringnya: terendah 200, tertinggi 800 dan rata-rata orang dapet 500. punya gw???lumayanlah dengan persiapan gada, lokasi yang gw sendiri masih meraba-raba pas hari H, skor gw di atas rata-rata. sumpahnya, ini skor sama kayak skor toefl itp aing!!!hakakakakka

cara daftarnya?
ada kok di websitenya *pasti pada nggak tahu ya?!?!??!? ;p*
ringkasnya:
1. donlot formnya isi lengkap
2. transfer 250 ribu
3. email/fax form yang udah diisi dan bukti transfer
4. datang pas hari H dengan alat tulis lengakap dan syarat berupa: form no.1; fotokopi ktp; fotokopi ijazah; bukti transfer asli; pasfoto

di mana lokasinya?
Jalan Proklamasi No. 70 Jakarta
Telp. 021 3911627
Faks. 021 3911626
email: upptpa@yahoo.com

buat orang yang nggak tahu di mana jalan proklamasi (dan hanya mengetahui siapa itu bapak proklamasi, seperti gw) tanya-tanya ya sebelum hari H. jikalau anda berada di sekitaran pasar minggu, naiklah metro mini 62 sampai pasaraya manggarai-naik bemo sampe lokasi tes. jangan tertipu!!!!*curhat*

Hasil?
2-3 hari kalau diambil langsung ke lokasi. dan seminggu kalau minta di pos ke rumah.

order additional score?
score ini berlaku sampai 2 tahun, jikalau ingin order additional score report, tinggal donlot dan isi form, transfer uang (20 rebu per score report), lalu email form dan bukti transfer.

kenapa gw ikut TPA?
iseng!!!penasaran aja sama kemampuan gw, uji nyali, dan buat jaga-jaga siapa tahu tiba-tiba butuh. termasuk impulsif loh ikut tes ini. lagi dinas nun jauh di mato, iseng gugling, langsung donlot form, transfer, dan email bukti transfer sama form.

selamat TPA buat yang ingin mencoba, semoga tangan anda cukup lincah untuk ngarang jawaban ;p

No comments:

Post a Comment