Tuesday, 19 July 2011

bapak

ini ga tau kenapa tiba-tiba pengen nyeritain tentang bapak. mungkin karena lagi di bandung dan sekarang ini bapak udah pensiun, jadi selalu ada di rumah.

bapak itu baikkkkk bangettttt. super baik, meskipun kalo lagi marah nyeremin, ahhhh kalo mau ditulis pun nggak akan cukup....

bapak itu gakan pernah mau makan makanan kalau liat istri apalgi anak-anaknya suka. segimanapun ditawarinnya, bapak gakan mau.

bapak itu orang yang paling jago ngelakuin apapun. benerin genteng, benerin radio, nambal ban, nambal sepatu, masak, bahkan jait. percaya atau nggak, semua popok yang dipake abi (adik) dulu, semuanya bapak yang bikin, dari motong kain dan jait talinya. semua seragam anak-anaknya, bapak yang jaitin bet sama lokasinya, setiap anaknya beli celana dan kepanjangan, gada satu pun yang datang ke tukang permak jins karena bapak yang mendekin.

bapak itu paling sayang sama anak-anaknya, jaman sd dulu, percaya atau nggak, tiap pulang kerja bapak sering bawain bando sama jepit-jepit rambut yang lucu. jaman puasa, bapak beliin bekel dan nemenin main bekel dan congklak.

bapak itu 'cuman' lulusan s1 dari universitas terbuka, itupun bapak baru mulai kuliah pas udah punya anak, tahu kenapa bapak kuliah? bapak kuliah buat ibu karena ibu cuma lulusan sma dan semua adik ibu pada punya kesempatan kuliah.

jaman awal sd kelas satu dulu, bapak suka anter gw ke sekolah pake sepeda dan jemput gw.

bapak yang selalu bikinin tugas prakarya anak-anaknya, kalo buat gw plus tugas gambar, karena gw ga bisa gambar ;p.

bapak suka nggak mau kalo dibeliin sesuatu yang menurut dia mahal. gw cuma kasi sepatu keds doang (diskonan pula ;p) dan waktu bapak tau harganya dia bilang jangan beliin yang mahal-mahal.

dan sekarang setelah pensiun, bapak nganter dan jemput si abi. sampe rumah, nanti anter lagi les lia dan ditungguin di tempat sampe abi selesai les dan pulang.

jaman sekolah dan kuliah dulu, kalo sampe magrib anak perempuannya ini belum pulang, bapak bakal ribut dan minta ibu buat nelpon. padahal baru magrib.

kata ibu, pas gw lulus spmb bapak nangis, ya dan gw sangat mengerti karena selama sma gw langganan nilai 1 dan setiap try out jarang lulus.

waktu pertama kali ada panggilan kerja ke jakarta, bapak ngga ngebolehin gw pergi sendiri, serius, dan akhirnya ibu bolos kerja cuma buat nemenin gw tes kerja di jakarta.

waktu ibt, gw ga dapet seat baik di jakarta atau di bandung, akhirnya terpaksa tes di jogja, dan lagi-lagi gada izin pergi sendiri, ibu nemenin lagi.

kemarin-kemarin, waktu bapak tahu bahwa gw diterima banyak program s2 tapi gada beasiswa, kata ibu, bapak sempet bilang 'yang di belgia kan biaya sekolahnya murah, cuma 80 euro, apa kita biayain aja si mbak (gw), anaknya pengen bisa sekolah lagi, kalo uangnya dikumpul-kumpul mungkin cukup' T________T

huhuhuhuhuhuhu, aku sedihhhhhh....
kayaknya sampe segede gini gw masi aja nyusahin, masih belum jadi apa-apa...banyak bangetttttt cita-cita gw buat orang tua, tapi belum satu pun yang tercapai.

doa saya sih cuma satu, saya pengen bapak panjangggggg umur dan sehat terus (kayak nelson mandela ;p), bukan kenapa-kenapa, tapi gw pengen abi dapet apa yg gw sama aa dapet. gw pengen si abi pas wisuda s1 nanti ditemenin keluarganya lengkap kayak dulu gw sama aa. gw pengen bapak bisa liat si abi nanti jadi orang. gitu aja kok Tuhan.

amiin.

and ohhhhh, am gonna miss my family A LOT!!

mungkin kalo andre hirata yang bilang, bapakku juara satu seluruh dunia!

8 comments:

  1. dari dulu mau nulis tulisan seperti ini ben.. tapi ga pernah beres, yg ada mellow to the max. >_<

    ReplyDelete
  2. Ah aing ceulik..ahirnya aku mengerti kenapa ibep dan si elu doyan sm bapak2..*merusak suasana*..kekekekeke

    ReplyDelete
  3. yeah...*standing applause...
    and cries...missing home terribly...

    ReplyDelete
  4. aaaaaahh beniiinngg.. :'(
    aku merinding disko..

    ReplyDelete
  5. @semuanya :mari kita group hug duluuuu!!!!! :')

    nb. buat ceu nana: maap aku dan ibep ga satu selera, selera ibep kan aki2, bejetttt

    ReplyDelete
  6. bening, aku suka tulisanmuuu.. touching.. heuu

    yap, papa ku juga begituu. suka gak mau dibeliin yang mahal2. even aku lulus SPMB pun, beliau tetep FLAT. terakhir, pas aku selesai sidang skripsi, pas kutelpon dan kubilang aku lulus, beliau cuma bilang "alhamdulillah. yasudah, sholat dzuhur dulu. belum sholat kan pastinya. ngucap syukur, trus segera pulang" *nganga*

    yess.. i'll be missing my family a loooooooott!!!

    ReplyDelete
  7. @ajeng kirain siapa gitu ayu2009,hihihi ternyata kamyu. Bolehlahya aku berkunjung ke blogmu *tanggapan ga nyambung* *biarin ah*

    ReplyDelete