Thursday, 7 July 2011

tips donor darah

wewwww, elit banget kan judulnya?!nggak!!!

jadi tips ini bukanlah tips menjelang donor seperti istirahat cukup, makan, sehat, dll, tapi lebih menjurus pada saat darahmu akan disedot *serem nggak???serem ngakk???serem nggakkk??nggak!!!!*

tipsnya adalah:

sodorkan tangan yang memang kau yakini bakal mengalirkan darah dengan lancar!!

beneran loh ini, jadi pas donor kemarin, gw mendapati ranjang (bergoyang) untuk ngambil darah dari tangan kiri lagi penuh, yaudahlahya gw pake ranjang (basah) untuk ngambil darah pake tangan kanan. pada kenyataannya gw biasa diambil darah dari tangan kiri (sampai pernah pas dulu medcek susternya ngomong ' mbak biasa donor ya, pembuluh darahnya kerasa banget' *sambil meraba2 tangan kiri gw*), donor kemarin adalah kali ke dua gw menyodorkan tangan kanan (total dari sebelas kali donor *malu, udah setua ini baru donor sebelas kali ;p*).

lalu apa yang terjadi sodara sebangsa dan setanah air?????darah mengalir bagai pipa yang clogging alias tersendat-sendat, dannnnn seperti waktu yang lalu ketika gw donor pake tangan kanan, petugas pmi pun narik jarumnya tapi ga sampai keluar kulit, terus ngebelokin arah tusukannya,,,bbbzzztttt. jadi kalo dari luar cuma ada satu tusukan padahal di bawah kulit tusukkannya udah semacem persimpangan jalan, bercabang dua.

hal lain yang menambah keyakinan gw bahwa faktor tangan ngaruh pada aliran darah adalah ketika ada mas-mas yang mau donor bilang, 'mbak, saya mau tangan kanan aja, kalau tangan kiri suka nggak mau keluar'. nah!itu dia hal yang gw nggak aware, walhasil, meskipun berhasil memberikan satu labu darah, tapi tangan kanan gw jadi pegel, semacem habis gotong-gotong, selain itu, karena di bawah kulit gw ada tususkan yang bercabang, otomatis terjadi perdarahan di dalam kulit, si darah keluar dari pembuluh tapi ga bisa ngalir keluar, jadi darah tersebut ngumpul-ga bisa keluar- mengering di dalem kulit yang menyisakan kebiru-biruan semacem abis ditonjokkin, ohhhhh....

tvrisumsel.co.id

pesan moral:
kalau biasa donor pake tangan kiri, nggak usah sok-sokan pake tangan kanan *ngomong ke diri sendiri*, begitupun sebaliknya, kecuali kalian ga bermasalah dengan hal seperti itu. buat newbie donor darah, mUuPh eAaa Q G b1Sa b4NtU ^^, cari tahu tangan mana yang paling oke, hihihihih

3 comments:

  1. anjis pagi2 bikin ngilu.. :|

    aku aja baru 2x ben..
    *kseringan ditolak.. :((

    ReplyDelete
  2. yah malu kali aku ben.. tak pernah sampai hb-ku ituu. :(

    ReplyDelete
  3. @mba ithung mangap ya,pagi-pagi uda bikin ngilu,,,huehehhehehehe

    @dyah makan lah kau yang banyak, biar hb-nya oke (maksud terselubung: nyari temen biar gendut, tralala)

    ReplyDelete