Sunday, 27 November 2011

(crazy) admisnistrasion matter

gilingan padi deh cynnn,,tiap gw beruurusan sama registrasiong ato administrasiong or whatsoever lah, selalu aja bermasalah. oke coba kita liat:

1. bsn number.
jadi ini adalah kunci kehidupan berbangsa dan bernegara di sindang. jangan tanya apa itu bsn number, gw juga ga bisa jelasin *ngoks!* pokonya citizen service number. buat apply bank account, apply ini, itu, anu, inu, gitu deh. lalu aku datang ke municipality di sindang (it was long time ago, soalnya pan bikinnya pas baru nyampe sini). pokonya petugasnya bilang bahwasannya akan diproses, ga perlu ke sini lagi tunggu aja nanti akan dikirim, kalo ga ke alamat gw ya lewat kampus. gw tunggu seribu taun lamanya tidak kunjung sampe, pokonya lama benjet, udah melewati baku mutu proses pembuatan bsn number. gw samperinlah student desk, doi bilang tunggu aja yah, kalo ada surat pasti dikabarin ->ga solutip. akhirnya gw kembalilah ke municipality, dan mereka bilang kalo sebundel dokumen gw udah dikirim. HUWAT?!?!?!dikirim ke menong cynnn?!?!?!gw ga dapet, kampus ga dapet,,jadi urusan gw sebenernya sama municipality ato sama ayu ting-ting sih?serasa alamat palsu!!!lalu akhirnya petugasnya ngeprint sbundel dokumen dan menyerahkan padaku. bokkk,, mending juga dari awal bilang kalo dokumennya jadi gw suruh ambil langsung, daripada gw menunggu tapi tak kunjung tiba, pret!!

2. residence permit
jadi untuk non-european student, pada taun pertama, si residence permit itu akan di drop ke kampus, kita cuma perlu ambil di kampus, pada hari dan jam yang sudah ditentukan. untuk taun kedua baru ambil sendiri ke IND(semodel kantor imigrasi gitulah, yang terletak di den bagus bosch) terus lagi-lagi punya gw belum beres!katanya IND membuat kesalahan!!!!sianying, jadinya gw musti ambil sendiri ke den bosch, untung ketemu rombongan 2010!

3. bank
setelah gw terlunta-lunta karena bsn gw yang molor selesenya (kalo gw mau apply bank kudu punya bsn) akhirnya gw bisa apply bank account. prosesnya cepet sampe no rekening gw selesai, sekitar 5 hari kalo ga salah (tetep lama sih kalo dibandingin sama di indonesia yang cuma sekejap mata prosesnya). tapi apalah artinya nomer rekening, tanpa debit card! kunci dari kehidupan perbankan di sindang terletak pada debit card (dan internet banking). kata petugasnya gw diminta nunggu, nanti akan ada kiriman (cih, kiriman!) isinya debit card sama indentifier (token), lalu aku diminta kembali lagi ke bank buat tanda tangan kontrak internet banking sam aktifin debit card. rempong ga sih menurut loo?!?!?!terus, besokannya gw dapet surat yang mengatakan bahwa dalam 5 hari akan ada kiriman debit card dan identifier internet banking. yaudalahya, tinggal lu krim aja. terus sampe 5 hari ga dateng-dateng. tunggu sampe seminggu ga dateng juga. lalu gw kembali lagi ke bank, terus katanya akan diproses. rempong deh ah. terus sekitar 3 hari, debit card gw nyampe. tapi debit card doang. INET BANKINGNYA NGGA ADA. terus ke bank lah gw aktipin debit card, masnya menanyakan keberadaan inet banking gw, gw bilang kaga ada, cuma itu doang, terus dia bilang tunggu aja lagi. ditunggu berhari-hari tetep ga dateng!kumpeni bangke. terus kembali lagi ke bank, akhirnya petugasnya langsung ngeprint kontrak inet banking dan gw dapet si identifier. dan besokannya ada kiriman identifier buat gw, kalo bahasa aadc 'basi!madingnya udah tebit!'. terus pertanyaan gw:kenapa ga dari awal aja gw disodorin kontrak di tempat?

4. rent subsidy
ini penting abis cynnnn!!!secara hosing gw mahameru. anak-anak lain yang pada apply udah dapet kepastian apa diterima ato nggak aplikasinya. gw udah ampe sebulan lebih sepuluh hari masih belum berkabar (biasanya kabar datang di minggu ke dua). terus gada alamat imel yang bisa dihubungi pula perihal ini!!GW KAN JADI MAJU MUNDUR TIAP MAU APPLY INTERNAL MOVEMENT --> aplikasi pindah hosing!!!gilingan lu!!!!aplikasi internal movement udah gw donlot dan isi, siap kirimlah!!tapi pas mau ngirim, takutnya cuma karena impulsip belaka (biasa, aku kan impulsip pangkat sejuta).

katanya rentang waktu pemrosesan rent subsidy up to 8 weeks, berarti (kalo gw berpikir posititp) aplikasi gw masih dalam proses. tapi kenapa semua, i mean, SEMUA yang gw kenal prosesnya pada cepet, geblik!

masalahnya gini ya bok, kita boleh ajuin internal movement jikalau sudah tinggal at least 2 bulan di housing sebelumnya, yang mana untuk kasus gw, 2 bulan itu jatuh di tanggal 15 november, berarti udah bisa apply kan gw. nah tapi kalo nunggu menggenapkan 8 minggu proses rent subsidy, itu jatuhnya tanggal 17 desember!!!lambreta kan cynnn, i waste my precious time, semakin cepet apply internal movement kan semakin baik, di mana posisi kita dalam waiting list ga terlalu bawah!!

gw kudu cari wangsit dulu nih perihal internal movement. gw udah hakul yakin nih kalo ga dijkgraaf ya hoevestein (ato born tapi kamar yang murah *an*)!Tuhan, berikan aku wangsit dan hidayahmu!eymin

No comments:

Post a Comment