Thursday, 16 February 2012

kaligata/biduran/urtikaria

iyeeee,,belum genap seminggu guwe terjangkit penyakit tersebut di atas. ahahahahhaha, ga elit yah?!pokoknya pada saat itu guwe lagi bobi malem, terus sekitar jam satu minggu pagi guwe mulai ngerasa gatel-gatel, sambil setengah merem, garuk-garuk-garuk-garuk-garuk terossssssss. lalu, jam tiga pagi, semua udah ga tertahankan, abisnya gatel campur panas, bangunlah guwe dan menatap kulit sambil histeria APA?!?!?! kaligata(lagi)?!?! guwe ga punya ctm, cuma punya caladine lotion. mana jam 3 pagi pulak, ga mungkin meluntjur ke tempat seseorang buat minta obat. kalo toko-toko sih udah ga ngarep yah, hari minggu toko tutup semua di sini,pret!! terus mesej-mesejan sama adenya mbak guwe (heh?!ade guwe juga dong ya?hehehhe, maksutnya adenya kaka ipar) yang mana adalah dokter. terus doi bilang bisa dari makanan, dingin, ato digigit serangga. obatnya bisa salep ato obat minum (doi ngasi nama-nama obatnya juga) tapi kalo udah nyebar seluruh badan itu judulnya sistemik dan kudu pake obat dari dalem (diminum maksutnya).

long story short, matahari terbit (etapi pas udah terang guwe malah bobo ;p), jam sebelasan guwe meluncur ke born, ke tempat ayu -nama sebenarnya-, teyus mondar-mandir sana ke mari, dapetlah amoxillin dan ctm (muucih eaaaaa), hap!!gw minumlah itu ctm ama amoxillin, lanjut bobo pake jaket sama selimut tebel. eniwei, pas pagi-pagi itu guwe udah sempet mikir kalo guwe kena maag. abisnya perut sakit abis dan mual pangkat sejuta, yang setelah disinyalir bisa jadi merupakan bagian dari alergi itu. thank God guwe engga maag *nyemilin cengek*.

dan bangun-bangun gatel-gatelnya masih ada dong ya. ctm ga ampuh (lagi). padahal 2004, guwe pernah ngalamin hal yang sama, jaman esa di skotlan (HEH?!hidden showoff yak?!bodo ah... ;p), dan guwe cuma butuh ctm sebiji dan bobo selama seribu taun untuk sembuh seperti sedia kala. tapi yang sekarang ini, setelah nenggak ctm+antibiotik,cuma membaik sedikit:



eniwei, itu penampakan di atas adalah setelah membaik lho, 'tinggal' merah+gatel+panas..pas belum baik, selain merah (sekujur tubuh), si merah-merah itu gatel+panas+mblendung alias lebih tinggi dari permukaan kulit. ada sih potonya, tapi ga jelas, jadi kurang serem *ini memeblog apa?kok mau nakut-nakutin!!*

terussss, akhirnya gw dikasi anti histamin, gw minum dan guwe membaik. meski ampe sekarang guwe belum menemukan alergen gw yang sebenarnya itu apa?!?!

baiklah, tulisan di atas hanya introduksi, yang penting ada di bawah sini,,hakakakkaka

as far as i know sebagai pengidap kalihata/biduran/urtikaria itu
1. ga bahaya kok, cuma menimbulkan rasa ga nyaman (CUMA?!lo pikir!!!)
2. katanya sih alergi yang bisa dipengaruhi genetik dan lingkungan (babeh guwe juga tukang kaligata!)
3. bisa dari dingin, serangga/kutu, makanan, debu debu intan
4. paling oke emang hindari alergan, tapi kan susah untuk men-trace alergan -nya apa
5. yang perlu disiapin kalo kena ini: untuk dari luar bisa pake lotion yang ada calamine (semacem caladine), salep kortikosteroid, ato lo tampolin tea tree oil. obat yang di minum: ctm (active ingredient: chlorpheniramine maleat),anti histamin (active ingredient: cetirizine dihydrochloride), ato loratadine. sejauh yang gw tau, kalo di sini cetirizine sama loratadine golongan obat yang dijual bebas kok.

 semoga lekas sembuh dan ga kambuh-kambuh lagi yaaaaaa *ngomong ke diri sendiri*!!!!!


6 comments:

  1. eh si aku inget momen dirimu kaligata. :D
    aku dulu jg suka kaligata ben, seringnya kalo kena air berkaporit (jaman sma habis berenang di sentrum pasti kaligata hebat. kotor bgt sih airnya :)) )
    kadang lg dingin jg kaligata. tp ya gitu,ga selalu.. jd entah apa alasannya.
    dari pikiran jg kali ya? *halah*

    ReplyDelete
  2. hakaakakakka,,eh kaligata bisa dari kaporit juga toh???jangan2 gara2 suka berenang ya??ato gara2 banyak pikiran *sok berat hidupnya*,,ehehhe

    ReplyDelete
  3. ahhhh jangan2 h*r*es ceu..azab dulu ngetawain siguhe..fufufu fufu

    ReplyDelete
  4. @nana gevlek ceuuu!!!!!ga mungkar ceu,,si guwe sudah mengalami *e*p** kala masi di bangku es-de!!!es-de ceuuuu!!!!bayangkannnnn *ala2 esq trening*

    ReplyDelete
  5. HERPES...??? itu bukan yang penyakit kelamin itu yaaaa??? :p

    ReplyDelete
  6. @bosa danang: bbbzzztttt,,gilingan!!!!itu kan jenis virus-nya banyak!!lha moso' guwe yg baru kelas 3 es-de kena virus bagian penyakit kelamin?!?! --'

    ReplyDelete