Thursday, 12 July 2012

facility and disability

nah, mungkin ini harusnya jadi bagian dari postingan oh londo kali yak, tapi pas postingan tersebut diturunkan, gw lupa sama point yang satu ini. yasuw, ditulis terpisah. ini juga salah satu hal yang ik perhatiin di sini. keknya, fasilitas umum di sini sangat friendly buat orang dengan disability. semisalnya,  mereka yang kemana-mana harus pake kursi roda. di kampus itu, ada tiga tipe toilet: buat perempewi, buat lekong, sama buat yang setengah mateng buat mereka yang pake kursi roda. toiletnya kek toilet pada umumnya, tapi ruangannya lega, closetnya lebih tinggi, tapi cermin dengan wastafel lebih rendah. ya intinya dibuat supaya memudahkan mereka dengan disability. kemudian di stadion sepak bola, di sana pun disedian area khusus untuk mereka yang pake kursi roda. oh, guwe pikir sampe di situ aja, ternyata pas tadi malem gw datang untuk ngincubus, lagi-lagi ada satu area khusus yang harus dikosongin karna peruntukannya memang untuk mereka yang pake kursi roda. dan itu adalah konser rok!!!*prok prok prok*

source: here

contoh lain ada di lingkungan kampus di mana hewan ga boleh dibawa masuk ke gedung kampus. tapi ketika ada orang yang ga bisa liat dan perlu buat masuk ke lingkungan kampus, doi diizinkan buat bawa anjingnya masup kampus. untuk apa?sebagai penunjuk jalan dia, karena di saat dia jalan ke mana-mana, dia ngandelin tongkat dan anjing buat mandu dia.

satu contoh lainnya adalah tentang mahasiswa dengan disleksia *ini disability bukan sik?!*, tapi ini bukan ke fasilitas, tapi fleksibilitas kebijakan yang dikasi buat doi. doi , kalo gw ga salah baca, dikasi waktu lebih lama untuk bisa nyelesein kuliahnya (nyusun tesis gituh). selain itu,doi juga dibolehin untuk kontak-kontakan dengan dosen tanpa mesti ketemu langsung. selain karna emang doi ga tinggal di wageningen, tapi ini pun untuk kemudahan doi biar waktunya lebih efektif aja buat nulis. 

dimana semua orang punya kesempatan dan hak yang sama dalam segala hal. isn't that good?

No comments:

Post a Comment