Monday, 17 September 2012

Wageningen: theJourney Week 2

okeh, di minggu sore yang suram ini -bukan suram karena cuacanya jelek, tapi karena besok itu senen- gw akan (berusaha) me-recall apa yang terjadi di minngu ke 2 of our Journey. Jadi minggu ke dua masih di super lovely-quiet town called Wageningen ZZZzzzzZZZ

masi dengan lectures/presentations yang digelar di Wageningen, workshops, jalan-jalan, dan pembentukan kelompok. Lalu lectures/presentations apa aja yang didapet di Wageningen? Ada presentasi dari seorang yang bikin usaha called waste2chemical *kalo ga salah lulusan wageningen si pendirinya, uhuk, bangga*, zero carbon system, patent&intellectual property, liat algaeparc, business canvas model, workshop, coaching session, ideation session, dan yang pasti group formation.

ke mana aja kita?ke deltares di utrecht, di sana dapet kuliah dr entrepreneur, penjelasan dari project-projectnya deltares. iya sih keren, ngoks!! terus kita pun pergi ke Yes!Delft , ini semacem inkubator buat para pemula di dunia bisnis. it's pretty cool place for those who want to start their business, buat gw yang -so far- ga kepikir buat jadi entrepreneur aja gw kagum sama tempat itu, apalagi yang emang pengen. di delft kita dapet lecture tentang elevator pitch dengan pengajar yang mempesona dan akuh naksirrrrr, aku ngefans!!bukan ngapa-ngapa, namanya juga pitch trainer, komunikatip abis, gw langsung ngebayangin doi pasti jago ngegombal presentasi gituh. 

lalu kemudian apa-apa remarks gw di minggu itu?
1. balik dari deltares, kita pun bus parteh!!eydan dong ya bapa pengemudi beus-nya nyetel lagu azep-azep dan kita joget-joget pun di lorong beus. kalo ada pulisi ato si pihak beus tau apa yang terjadi, ntah ava yang terjadi. secara di londo aturannya kita kalo lagi di beus mesti duduk dan ber seat belt, ini boro-boro pake seat belt, yang ada juga loncat-loncat ke sana kemari. 

2. my first elevator pitch. jadi kan kita udah punya grup masing-masing. lalu kemudian disuru bikin 1 minute pitch. itulah kenapa disebut elevator pitch, karena cuma semenit. seperti kita naik lift, lalu selift dengan seorang investor dan kita cuma punya semenit untuk membuat si investor terkesan. what's the rule? semua anggota tim harus siap pitch, karena local jury bakal secara random nunjuk salah sorang dari grup kalian. dan kemudian juri menunjuk....gw!!!*prok prok prok* and it turned pretty well I guess. berbunga-bunga nggak sih selesai pitch kemudian teman-teman (dan coach) berkata 'akoh suka (pitch) kamoh', 'pitchnya bagus', sampai pun pada 'kalo ada voting buat milih pitch terbaik, gw pasti pilih lo' *senyum-senyum*. etapi apa iya itu artinya gw berbakat untuk pitching? ga deh bok!! i was just lucky probably. pitch pertama mana ada beban. mau salah, mau butut, mau terbata-bata, mau ga menarik, mau lebih dari semenit. namanya juga pertama kali, pasti dimakleummmm. tapi akoh tetep hepi..ahuuuuuuu

3. pool parteh. ini lebih gilingan wati. jadi education lead yg dari londo itu punya rumah maha besar dengan kolam renang di deket delft. lalu kemudian kitah bedol desa parteh di rumahnya, sekalian bye-bye gitu, soalnya besokan kita berangkat menuju suis. eydan mamen rumahnya, aku terperangah. geda dengan lahan luasssss benjet di sebelahnya, peternakan gituh. dan kemudian taulahya, yang nyebur ya nyebur *ini ik lupita ga bawa baju renang, oh!*, yang minom ya minom, yang joget ya joget, yang ngemil ya ngemil, yang ngobrol ya ngobrol, yang perang pake pistol air pun ada, dewasa banget deh!!! *nunjuk diri sendiri :)))*

dan puasa masi berjalan, hotel masi dengan sigap nyiapin sandwich (lagehhhh) sebagai saur (sepuh) guwe, dan tiap ada dinner bareng gw pun siaga menuju pelayan seraya berkata 'take away ya mbak'.
kadang-kadang guwe suka surprise pun dengan pertanyaan orang-orang tentang puasa, praying, yang boleh dan yang ga boleh. hampir setiap hari gw njelasin kl lagi puasa. terus ada pertanyaan semacem 'bok, berapa orang yang meninggal karena dehidrasi pas puasa?', 'kamu ituh ga boleh minum cuma karna puasa yak?kalo udah malem, boleh minum?', 'kamu kalo nyari excitement ngapain?kl gw pan mabok?'

kadang terhara juga lho pas awal-awal journey terus ada temen nyamperin sambil bilang 'it's ramadahan right? you don't eat or drink?' eyaampunnnn,,mereka tau :')

oia, satu lagi, kita punya yang namanya log book. yang serius dan yang kreatip. yang serius isinya tentang pelajaran yang didapet hari itu, yang kreatip isinya bebas cynnnn...

dan kemudian kita pun pindah ke zurich. 

again, photos taken by our coach, Lianne
*click pics to enlarge
*demi kemaslahatan umat, poto parteh di beus dan di kolam ga diaplot yah. aku asia banget yah?!

menuju algaeparc *mesti banget yah gw paling pendek?!* 


 oh alga, kamuh cantik amat. bak kue lapis gitu!

 Pete explained the creative log book. look at the drawing :)))

ini lagi pitch lecture. sudut poto buat bapa gurunya kurang tsiamik!! 



Yes!Delft

No comments:

Post a Comment