Tuesday, 25 September 2012

Zurich: theJourney Week 3

-yang bosen, daripada misuh-misuh dan melempar gw pake bom molotop.close tab lebi baik..ihihihihihih- 

bentar, gw uda lupa ngapain ajah...mihihihihihihih. ehm, yang pasti gambar gedenya selama di zurich kita bakal lebih diarahin ke hil-hil yang berbau enterprener dan perbisnisan, meski tetep ada yang berbau science dan tehnolohi. ya gimana engga canggih mereka, kalo kualitas air sungai close to quality of the drinking water *menerawang sampe citarum* hari pertama sempet ada treasure hunt gicu, kek ngumpulin clue dari satu tempat ke tempat lain, tapi pada akhirnya berakhir di mana coba kita???di sungai buat renang dan kemudian saat waktunya abis, baru balik lagi ke meeting point :)))

lecture dan kegiatan yang kita dapet seputaran workshop bisnis, pitch, marketing, finance, meeting dengan ekspert buat konsultasi tentang bisnis plan. sisanya group work -_-

untuk kunjungan, kita sempet main ke HUB-zurich (gw lupa-lupa ga inget ini tempat apaan, kalo kata temen gw berarti ga berkesan. bisa cek websitenya juga kok *kemplang* kalo ga salah sih semacem yes!delft kali yak, incubator dan ideation bareng start up lainnya), south pole (ini perusahaan ngurusin karbon kredit gicu. malah pas baca nama-nama kliennya gw nemu perusahaan indonesia gitu. mereka juga ngeluarin kartu kredit yang bisa offset carbon footprint. kewl!).

yang ini favorit ik di minggu ke 3!!!waktu kita main ke eawag dan EMPA!!!kenapose???
di eawag itu tempatnya research untuk water, aquatic, dan sanitation gitu. I really felt home..ohhh langsung menerawang gitu ke masa-masa teknik lingkungan *dan hasidu gawe diditu*. selama presentasi gw kagum gitu pokoknya. dan si eawag ini punya sustainable building. toilet sistemnya diseparasi atara pup&pips *ga menarik yah?!tp buat ik menarik sangat!!*, terus doi punya lamela yang nutup jendela, sudut nutupnya disesuaiin sama arah matahari, sistem pendingin/pemanas ruangan ga pake AC tapi pake temperatur udara luar yang udah distabilisasi dengan dilewatin ke tanah, karena yang temperatur tanah cenderung stabil mo summer apa winter. dan ada water tap yang ngeluarin air soda, dll,,dll
di empa juga seru, tapi gw ga suka presentasinya. pokonya kalo udah ada perihal modeling, yudadababay!!!*lari naik ketwok* kita dikenalin ke inovasi-inovasinya. ada kek semacem mobil van yang semua teknologi nempel. di atepnya pake sel surya, punya sistem resaykel air sendiri, dll, dll *padahal lupa :)))*

wiken ngapain???sabtunya jalan-jalan keliling jurih. dibawa juga ke kota tua, yang mana pas sampe sana berasa di italy, so nice :D *bukan sosiz*!!!!
besokkannya, di hari minggu, kita jalan ke ...*hadah, gw lupa nama tempatnya -_-* pokonya bisa liat jurih dari ketinggian gitu. kita ke sana nyepeda. nanjak abis. dan setiap sekian menit, temen gw yang orang suis nengok ke belakang sambil bilang 'mana si bening?', iyampunnnn,,sweet banget yahhh???bukan!!!itu gara-gara doi tau -meski udah setaun tinggal di belanda- kemampuan nyepeda gw nggak canggih. abisan pas di wageningen kita sepedaan ke arnhem yang jaraknya cuma 17an km, tapi gw udah misuh-misuh. etapi pas kita udah sampe puncak asmara,  pemandangannya?!ohhh subhanallah!!!!

*no pics, rieut milihnya*

2 comments:

  1. Heh, agak sulit ya itu misahin pup dan pipis. Toilet training lagi kayaknya kita-kita pun..

    ReplyDelete
  2. mihihihihi,,,kaga perlu cong, si toilet suda didesain sedemikian rupa, kita tinggal ngikut sop, semisal kudu ngeflush setelah berdiri...

    ReplyDelete