Saturday, 27 October 2012

kurban

oke, selamat hari raya kurban di...(gw ga tau taun hijriyahnya).
semoga ibadahnya diterima Alah, amiin. ya yang shaum, ya yang kurban. di sini gimana? ga libur laya, meurut jij?!ada solat tadi pagi di masjid yang sebenarnya bukan masjid juga *ngomong apa sih* tapi karna lagi ga solat, ya leha-leha aja sepanjang hari. padahal gw udah merajut jaring segede gaban buat menjaring muslimin turki-maroko nan mempesona amal-amalan sebanyak mungkin. ga nelpon rumah pulak, karena dikirain yang nun jauh di sana juga ga libur *durhako*

oia, barusan baca dari fesbuk di sini, cerita tentang pasangan svami-istri yang profesinya pemulung dan kemudian nyerahin hewan kurban sampe si pengurus mesjid terhara dalam bahagia :'). terus tadi pagi bangun bobok, sempet baca dari timeline temen, jaman gini banyak penerima hewan kurban yang sebenernya mampu kurban. yakali, mereka udah pada mampu nyicil motor, endebre, endebre.

terus kenapa juga sih kita mesti kurban???*bentar yak, menjelma jadi mamah dedeh dulu*
menurut kabar berita, kurban itu artinya dekat. deket apa pulak?deket sama kambing&sapi? *lo aja kali deket sama kambing&sapi, gw mah masi demen om-om lekong!!*
iya, jadi kita dekat dengan cara mengorbankan sesuatu yang kita cintai, yaitu harta!!kita berusaha ngasi yang terbaik buat Allah dan berbagi sama yang nggak mampu. kurang lebih gitu. ya kalian pasti lebih tau. gw kan dangkal, tiap solat juga yang dibaca surat yang diawali dengn 'kulhu', makanya butuh imam yang bener #kode #curhat :))))

karenaaaaa..entah cuma gw apa orang lain pun, semakin bertambah harta yang dipunya, kadang ada kecenderungan untuk semakin sayang. kalo hartanya dikelurin, berkurang dong. padahal ngumpulinnya kan susah. tapi kalo buat beli sepatu, jam, buku, tiket jalan enteng aja klik dan gesek di mana-mana *self tampar*

nah untungnya si kurban ini datang dengan -kalo kata emak gw- dengan perintah yang level ketegasannya yang lumayan. kalo lo mampu, lo jadi wajib. kalo jij mampu tapi jij ga mau kurban, jauh-jauh dari tempat solat ik! yakali, klo ga ada hal-hal yang sifatnya -mendekati- wajib, ga dikerjain kali yak. 

jadi sejatinya, kita ini sering kebanyakan berdalih. bukan masalah mampu atau nggak mampu, tapi seringkali mau atau nggak mau *pasang cadar semuka-muka* wallahualambisowab

p.s. masalah mau nggak mau atau mampu ga mampu pun berlaku di tesis, akademis, dan move on *pentung diri sendiri*. makanya jangan males bangun pagi buat kerja di lumen *ngemeng sendiri*

No comments:

Post a Comment