Sunday, 25 November 2012

banana bread!!

oke!I woke up this morning and felt like making something....bukan making love dong ya, secara sama siapose???. aku kan solehawati *pasang cadar segede gorden*. aku pengen bikin kue!!!!itu bukan making dong ya, tapi baking. bodo ah, biar dramatis :))))

dan pagi ini gw bangun pagi beutttt bebih, gara-gara angin yang suaranya horor abesss!!!!oia, fyi, di sini itu cuacanya labil bak abege. untung prakiraan cuacanya tajam dan terpercaya. hujan yang sering turun dan angin segede dosa udah jadi ciri khas di sini.  pernah tuh, sepedaan balik kuliah yang hanya 5 menit. 2 menit pertama panas mentereng tuh, 3 menit akhir langsung ujan geda banget. sampe rumah, parkir sepeda dan hujan berenti. allahu akbar!!! kemudian angin akhir-akhir ini lagi spekta. kemarin-kemarin kalo malem bisa nyampe 34km/jam. dan prakiraan hari ini (ngutip imelnya temen di suatu milis): 

Level 1 Gale warning, 125/11/12,4.00 - 25/11/12, 22.00 : Gale or severe gale is expected with winds 34 knots/39mph to 47 knots/54mph (force 8 or 9). This can lead to minor damage to buildings and branches breaking off trees

 ceuk cenah kecepatan enjin mencapai 80 km/jam...ckckckckck. yang manja perkara cuaca, mungkin bisa lirik tempat lain sebagai destinasi...ehhehehehe

kenapa tiap gw ngeblog dengan suatu judul, selalu ada introduksi panjang tentang hal lain???mengapose?!?!?
oia, mari kita fokus. iya, jadi akhirnya diputuskan bikin banana bread. atas nama (sok) sehat, diputuskan buat bikin no sugar added banana bread. hedan, terpuji kan gw?! terus menimbang antara yang ini atau yang itu. kemudian diputuskan untuk bikin yang ga pake telur. karena embel-embel vegan sounds really cool!!!*padahal kofet ga pake telur ga pake butter:)))*

oke, sudah bisa diprediksi si resep gw utak atik seenak jidat (sesuai keinginan dan kepunyaan) dan berakhir dengan:

  • 2 cups wheat flour
  • 3 cups mashed banana 
  • 1.5 tsp baking powder
  • 0.5 tsp salt
  • 1/4 cup finely chopped raisins
  • 1-2 tbsp flax seed 
  • 1-2 tbsp oatmeal
  • 6 tbsp water
cara bikin sama aja. flaxseed buat taburan di atasnya. di resep asli dibilangin adonan bakal agak keras, tapi jangan tambah air atau apapun. adonan gw ga keras tuh,,,yaiyalah, pisangnya 3 bijik!!terus karena merasa perlu mengeraskan adonan, yaudah ga tabur-tabur oatmeal. takarannya ga jelas semau gw :))).


kok hasilnya pendek?ga ngembang yah? enak aza!!!naik tau, liat bagian tengahnya *membela diri* ini gara-gara loyangnya sumpah panjang beut dengan adonan yang cuma dikit. oia, fyi, gw baru tau ada istilah egg replacer. itu ternyata pengganti telut, kheses buat para vegan. dan di resep aslinya, flexseed tumbuk+air adalah pengganti telur, info lengkap ada di sini bok.

si banana bread ini suda dipotong-potong dan masup freezer. ceritanya buat sarapita, tinggal diangetin pake microwave, ato dibikin kering pake toaster. yang vegan, ayo merafat....lain kali pake tefungnya yang whole wheat flour atau pake yang gluten free *tapi mahil* *angger*

No comments:

Post a Comment