Friday, 30 November 2012

perkara self finance

aloha friday!!!it's a been a tough week sodara-sodara!!sungguhpun!!

ini tuh sebenernya pembicaraan beberapa waktu silam antara gw, mawar, dan melati. kenapa nama samaran selalu mawar dan melati sih?!ga laki ga perempuan!!bodo ah.....

mawar: ning, katanya banyak yg studinya self finance yak?
me: iya, katanya sih gitu
mawar: si inu juga yah?
me: iya
melati: emang orang tuanya kerja apa?

woot!!!percakapan yang biasa aja sih. cuman kalo udah menyangkut soal studi yang berbiaya mahal, untuk kasus s2 ya self finance, untuk kasus s1 ya USM, selalu ada nada-nada miring. 

oke, waktu jaman s1 dulu, ketika pertama denger kampus gw mau ngadain usm angkata pertama yang 45jeti itu gw langsung mikir watdehel?!ihhhh...pasti nanti anak-anak nya engga banget, terus kesempatan buat orang yang kemmapuan finansialnya biasa aja jadi berkurang doms? and it turned to be....anak-anak usm asik-asik aja tuh (ngomong spesipik di jurusan gw yah) ga ngehek, ga belagu dan secara akademis juga jempol *meski gw tetep mikir kalo kesempatan buat mereka yang ga kaya jadi kecil*. dan hakul yakin kampus gw ga akanlah mengorbankan akademi kualiteit cuma biar bisa cari uang banyak-banyak lewat jalur khusus. i bet!! sampe jaman sekarang pun gw yakin, secara akademis, mahasiswanya tetep oke, meski kalo perkara emosional mungkin agak-agak. apalagi sejak kasus permintaan lahan parkir mobil digedein. dafuq pisan itu orang-orang yang kosannya masih di sekitar ganesa. mau ngampus aja pake mobil *lemparin tai burung koak*  tapi sayangnya, banyak orang sotoy *they are everywhere* yang annoying dan suka ngejudge 'kuliah di kampus kamu mahal ya yang jalur usm?gimana tuh nilai anak-anaknya?' dengan nada ngejek kampus gw, di mana mereka pikir sekarang kualitasnya semakin turun. cih....

untuk urusan s2 self finance. sejujurnya, pada awalnya gw sempet mikir, hedanlah garila pisan orang-orang yang self finance, ibarat kata, gw mah kudu jual ginjal dulu kali baru bisa. rela banget yang bayar segitu gedenya buat kuliah sampe di sini, kenapa sih ga pada apply beasiswa aja?apa apply tapi ga pernah lolos? *hanjrit!!!pikiran gw kotor sekali!!!ampuni hamba ya gusti!!* sampe akhirnya gw baca postingan temen gw, alien, dan semua pemikiran gw berubah. meskipun tulisan doi kok kesannya somvong pisan, ga mau nyari beasiswa karena ga mau dibilang sok miskin, tapi percayalah doi emang tipikal blak-blakan. tapi baik kok *kenapa jadi ngomongin alien?!*
iya, intinya apa yang dia omongin bener banget. ketika lo lebih dari mampu untuk self finance, ga ada salahnya. investasi pendidikan itu ga pernah salah, ketimbang duit ratusan juta dipake beli dress mahal dan di post ke instagram tapi dapet komentar 'kayak planetarium', hayo mending mana? :))))
dan si alien ini, hakul yakin, kalo doi mau, doi bisa dapet beasiswa. secara kualitas doi oke. tapi dia milih untuk biaya sendiri karena dia tau bahwa dia mampu dan dia sadar bahwa biarlah si beasiswa ini jatuh ke tangan yang tepat. kesempatannya jadi lebih merata.karena secara ga langsung, orang-orang yang studi abroadnya self finance inilah yang bikin dapur univesitas tetep ngebul. coba yak, temen-temen di wageningen yang suka berbangga diri karna jadi universitas terbaik ketiga di belanda dan jadi salah satu research center terbaik di yurop *iya gw pamer!!:)))* tapi berpikiran dan bermulut kotor sama anak-anak self finance, pada minta ampun dulu sama gusti nu agung. sadar ga sih berapa sumbangan finansial dana yang ngalir dari anak-anak self finance untuk universitas?meskipun gw yakinlah sumber dana universiti pun banyak yang berasal dari kerja sama dengan pemerintah dan perusahaan.

ininya naon sih?intinya ga bisa banget lah dalam dunia pertemanan kita ngejudge seseorang cuma dari 'anak usm apa bukan?' atau dari 'anak self finance atau bukan?' so wat?! pinter enggaknya seseorang, baik enggaknya seseorang, belagu ato enggaknya seseorang ga bisa diukur dari situ. kalo anaknya ngehek, ya cari temen yang lain. perkara duit mereka dari mana asalnya, itu juga bukan urusan kita kan? yaudalaya...

selamat hari jumat!
fijn weekend :D

2 comments:

  1. eh pengen komen deh :p
    tapi males nulis :p

    ReplyDelete
  2. TERUS ITU APAAN KALO BUKAN KOMEN?!?! :))))))

    ReplyDelete