Wednesday, 30 January 2013

les miserables

oiiiiii...akhirnya tunai sudah kewajiban sebagai anak G4UL masa kini yang nonton les miserables. ini pertama kalinya nonton film musikal. dulu pernah sih. petualangan sherina. itu musikal bukan sik? itu pun nontonnya di tv. sambil dipindah-pindah, sambil ditinggal-tinggal 

problemnya? 1) gw ga tau apa gw akan suka film musikal. lama pulak filmnya 2) semuanya bakal dinyanyiin. kemungkinan gw bisa nangkep semua dialoh begitu kecil. subtitle? it is in dutch!!!selamat yakkkk 3) bioskop di sini kalo di tengan-tengah film ada breaknya. tulisan 'PAUZE' di layar dan 15 menit kemudian akan mulai. siap2 aja lagi asik nonton di cut dengan semena-mena. 

pic is from here

ceritanya dibuka dengan seorang yang musti dihukum 19 taun penjara gara-gara nyuri roti buat anak kakaknya yang kelaparan *kok kayak di tanah air??coba kalo bukan nyuri roti tapi korupsi, pasti dihukumnya cuma 4.5 taun penjara..pret!!*. nah si pencuri roti alias jean valjean ini dibebasin tapi wajib lapor. pada suatu malam doi diajak nginep dan dikasi mam sama pastor di gereja, tapi malemnya doi malah kabur sambil nggondol barang-barang perak si pastor. di jalan kabur, doi ketangkep sama petugas *sejenis polisi* jean ngakunya doi nggak nyuri tapi dapet barang tersebut dari pastor. waktu di cek sama pastornya, si pastor bilang kalo emang doi kasih barang-barang itu. ohhh...jean ngerasa tersentuh, kemudian doi tobat dan ga mau nyuri lagi. doi pun pergi, punya kehidupan baru jadi walikota *bener ga sih?!* tapi udah ga pernah mau wajib lapor.

that was just beginning. kemudian doi bersinggungan dengan banyak orang:  fantine, cossete, eponine, pemilik penginapan yang licik dan suka madog, anak-anak penggiat revolusi prancis dan selama hidupnya doi terus dikejar-kejar javert karena ga pernah wajib lapor *tentara yang dulu nyuruh jean wajib lapor*

gitu doang ceritanya?
sebenernya kalo diresapi, ceritanya bagus banget. gimana di sana ditunjukkan setiap manusia yang idup dengan miserables-nya masing-masing. yang mana setiap dari mereka menjalankan hakikat *what?i said hakikat?!* dan peran mereka masing-masing sebagai manusia. peran-peran yang ada di film itu, kalao dianalogikan sebenernya kayak kita banget sih di kehidupan nyata *kenapa aku berkaca-kaca?!*

kesan?
pertama hugh jackman keluar...kok doi jelek abis. JELEK ABISSSS!!!! anne hathaway-nya udah dibondol tetep aja cantik...ckckckkckc, di mana letak keadilan???
oke. setengah film di awal, gw cuma oh, 'gitu aja *anjir belagu* , bagus sih'. bagus dalam artian filmnya dibuat secara apik dengan detail yang ciamik, artisnya nyanyi secara live, dan si artis bener-bener total. period. namun, setelah break, di setengah film bagian akhir gw baru ngerasa "KENAPA FILMNYA BAGUS SIH?!" mulai dong berlinangan air mata. meski ga banjir bandang. tapi tetep loh adegan yang paling nyes di hati itu pas jean tau cossette ada yang naksir, bentar lagi bakal pisah. meskipun doi bukan bapak kandung, tapi doi yang ngebesarin si cossette ini. kenapa sedih?karena gw inget bapak!!!!gw gituloh anak perempuan-satu-satunya tapi ndablegnya ngalah-ngalahin my brothers. iya, aku emang gampang mewek kalo urusan beginian, padahal kalo disodorinnya film asasin creed yg kepala nggelinding ke mana-mana gw lempeng aja.

oia, karena ini film musikal. ga semua orang bisa (dengan mudah) nikmatin film ini. termasuk gw. ada masa di mana gw ngerasa 'kenapa sih bagian anu dinyanyiin? feelnya justru jadi ilang. kalo pake dialoh lebih ngena'   dan gw pun denger banyak dari mereka yang lebih prefer les miserables versi dulu yang bentuknya film biasa. coba nanti gw tengok. tapi ada bagian yang justru lebih nena karena dinyanyiin, rempong ya gw???

jadi pesan gw apa?
semua orang itu idup dengan miserables-nya masing-masing. so puhleaseeee...stop acting like you are the most miserable person on earth *ngomong ke diri sendiri*   pusing tesis? belum dapet internship? apalah itu masalah remeh temeh kehidupan kampus yang kita udah tau itu pasti terjadi ketika kita mutusin untuk kuliah. we just need to work it out and have a faith.... ciyehhh, have a faith...macem sheikh di film salmon fishing in the yemen aja lo bening :)))) 

p.s. russel crowe itu beneran bisa nyanyi!!bagussssss beutttt

No comments:

Post a Comment