Tuesday, 12 February 2013

36 kredit...

ini bukan tentang kartu kredit ataupun kredit panci bak film si doel anak sekolahan. 36 kredit yang dimaksud adalah kredit tesis yang sedang gw jalani. semacem sks lah. oke, gw mau cerita sekelumit tentang tesis...tenang pemirsah!!!!bukan tentang konten, cuma tentang sistemnya aja. gw juga sebenernya ga inget udah pernah cerita tentang hal ini atau belum yak?auk ah...bodo amat kalopun ripos *mulai pikun* *penuaan dini*

oke, tesis yang sedang gw ambil itu bebannya 36 ects alias european credit transfer system *bener ga sih?*  yang mana kalau di ejawantahkan secara kasar, itu akan berlangsung selama 6 bulan. ada itu itung-itungan yang waras, 1 kredit setara dengan sekian jam, jadi kalo 36 kredit setara dengan..blablablabla. anak master di sini kalo nesis bebannya 36 kredit dan anak bekelor nesis dengan beban 12 kredit *mahasiwa di indo: APA?!12 KREDIT?!CUMAN DUA BULAN?!*
tenang pemirsah!!!!dunia memang sering tidak adil :)))). itu sih sekelumit hal yang gw tau dari tetangga di koridor ini. karena di koridor ini 5 dari 6 londo adalah anak bekelor. 

terus pikiran gw langsung melayang dong ke jaman ngerjain TA jaman baheula. sekitar 9 bulan gw ngerjain TA, ibarat hamil tinggal melahirkan lah. dengan kerjaan lab yang ga bisa dibilang sedkit, sabtu minggu kadang masih ngelab, sempet nginep juga semaleman begadang demi ngukur-ngukur *untuk ada de best partner ever giculoh!!!* dengan beban sks 5. iya pemirsah, TA ITU BEBANNYA 5 SKS, CUMA SELISIH SATU SAMA KULIAH KALKULUS!!!di mana letak keadilan?!?!? bahkan ada temen yang ngelabnya sampe setahun atau lebih karena error alat dan karena pembimbingnya yang minta, nyebelin ya?

nah, di sini itu emang ada gap lumayan antara studi bekelor menuju jenjang master. di jenjang bekelor itu mahasiswa masih bisa banyak seneng-senenglah. ketika master baru dikasih beban kuliah yang sebener-benernya. karena menurut mbak pe-ha-de, ada penelitian yang menyatakan bahwa kalo di indonesia kurikulum itu terlalu berat, anak dipaksa bekerja terlalu keras sejak kecil. di saat otak mereka seharusnya bekerja secara optimal (jenjang bekelor menuju master) justru udah jenuh. di sini sebaliknya, anak sd kurikulumnya cincai. dibanyakin seneng-seneng. jadi waktu otak mereka bekerja secara optimal itu bertepatan dengan masa yang pas, yaitu sekitar bekelor-menuju master. hal baik yang lain adalah mereka itu strik banget sama waktu. kalo emang jatah tesis itu 6 bulan, ya udah 6 bulan. ibarat kata lo ngelab dan ada error di alat dan kemudian hasil akhirnya ga bagus, ya it's ok. pake apa yang kamu punya dan analisis. dosen sangat ngerti dan ga mau bikin anak telat lulus. tiap gw bimbingan pun spv selalu nanya 'liat skejul kamu?kapan kamu mau beres?kalo plan kamu berubah masih bisa kekejar tepat waktu ga?'

kembali gw inget cerita temen-temen waktu s1. di mana banyak dari mereka yang ga bisa lulus cepet karena dosennya pasang target tertentu sampe di mana mereka harus ngelab, dan nggak jarang alatnya yang bermasalah. 

*menghela napas pagjang* *sepanjang jalan kenangan*

gw cerita jugak ga merubah apa-apa yak?ehehehhehhe...eh, tapi banyak juga kok dosen-dosen di tempat gw yang pengertian. yang ngedorong anak-anaknya untuk selesai TA dalam 6 bulan. atau dosen yang mau denger ketika anaknya bilang 'saya pengen lulus juli' dan kemudian di support oleh mereka :')

kalo dipikir-pikir kan ga imbang aja antara 5sks tugas akhir dengan waktu pengerjaan yang sampe setaun. ini gw bicara keadaan normal yak, bukan keadaan di mana si mahasiswanya ndableg. etapi,  meskipun di sini cuma 6 bulan, ga berarti gampang juga sik. dosennya demanding, dengan supervision yang sedikit. bener-bener dituntut buat mandiri dan menej waktu sebaik-baiknya. dan gw adalah orang dengan manajemen waktu sangat buruk Щ(ºДºщ)

pic from here

jadi buat yang sedang TA, meskipun cuma 5 SKS tetep semungcrut!!!
dan buat yang nesis, meskipun cuma 6 bulan tetep jaga kewarasan!!!
buat yang lagi nyari internship tapi belum dapet, jangan patah semangat *ngomong sendiri* semoga segera berjodoh *NGAMINNN*

4 comments:

  1. hoy ning.. cek milis.. cek page envirophilia di facebook.. dan isi database bikinan gw yaaa.. :)))

    ReplyDelete
  2. ohmaygat!!!milis udah ga pernah gw tengok, secara seringnya isinya promo pelatihan :))))

    ReplyDelete
  3. haii bening!! hahahah tulisan lo membuat gw sadar.. iya ya dulu TA cuma 5 sks!! meen sakit hati.. hahhaah gw jg ngrjain lab 9 bulan dulu.. :/
    anyway. semangaaaaytt nesis yaaa! :D

    ReplyDelete
  4. iya kan kak denssss!!!! (hampir) ga ada beda sama kalkulus -_-

    semangat juga ka dens nesisnya!!!sedikit lagi!!!!

    ReplyDelete