Sunday, 24 March 2013

habis lulus master...

mau kerja atau phd atau dikawini adam levine???opsi terakir jelas nggak mungkin layaw...pasalnya aku kan nggak mungkin menduakan george clooney!!!*semakin nggak masup akal*

ntah sik udah pernah ngomongin ini apa belum...kalo udah pernah, ya maap...ripos dong gw :)))

ini udah kurang dari 6 bulan menjelang lulus. terus mulai deh  mikir, ini apa bakal berakhir di januari jenjang master kemudian kerja *yang entah di mana* atau lanjut phd. noooo...ini gw bicara bukan karana ada tawaran sesuatu. nope. ini gw ngemeng dalam tataran gw akan lulus dan jadi beban negara (baca: pengangguran) dan terbuka untuk berbagai opsi yang mana sungguh dilemasiong. seperti yang pernah gw bilang sebelumnya, gw ngeliat yang udah pada fe-en-es bilang 'enak yak, balik-balik jelas, bukan pengangguran. masup kantor lagi' yang fe-en-es 'enakan elo lah. abis lulus terserah mau ngapain'

terus kenapa juga gw mesti bimbo...bimbang bok...kata orang sih pejamkan mata, karena sebenernya kamu sendiri sudah tahu apa yang kamu mau, lalu ikuti kata hatimu *muntah :))))* 

oke!
1. phd
njrit!!!ngebayanginnya aja udah bikin gentar!!!gw nggak tau kalau di negara lain (termasuk di indo -->aku warga durhaka) sistem phd-nya kayak apa. yang pasti kalo di sini, mesti mempublish artikel minimal 4. nggilani, minimal 4 publikasi internasional *nelen racun tiqus* manapulak defensenya serem!!!pertimbangan lain adalah gw ga suka baca artikel. hedanlah kalau kalian tau temen-temen indo di sini. gw salut parah. banyak dari mereka yang emang suka belajar. they read article with passion. gw? hampir nggak pernah ngeprint artikel *udah lupa kapan terkir ngeprint artikel :)))*. cuma baca lewat pdf bagian abstrak kemudian loncat ke kesimpulan dilanjut dengan metode 'ctrl+f' kemudian masukkin kata kunci untuk nyari yang gw inginkan. aku memang payah. don't ask how could I survive here, such a mystery

intermezzo, sekitar awal maret, gw datang ke defensenya anak phd indonesia. nggilani!!!dese keren abis, super lancar ngadepin pertanyaan dari penguji-pengujinya. eniwei, anak phd tersebut alumni sma tiga juga doms *terhara ketemu kakak kelas sendokir* kemudian lanjut ke matematika itb-s2 di jerman-post master di eindhoven-phd di wageningen *pengsan* dan akan berkarir di matematika itb, keren yah :')

eniwei... kembali ke perkara dilemasiong. jika dan hanya jika ada dosen yang kesirep lalu mau jadi supervisor aing dan juga ada profesor yang khilaf terus jadi promotor gw sehingga gw melangkah ke jenjang yang lebih tinggi di phd, maka habislah kesempatan gw berkarir di perusahaan mana pun di indo. habis. beak. entek!!bok, mana ada coba kompani yang mau mempekerjakan anak lulusan phd yang ga punya pengalaman kerja????ora ono!!!!!lain cerita kalau, misalnya, di velanda. karir di kompani terbetang luas meski ente lulusan phd. no worry!! jadi jikalau gw phd kemudian kembali ke tanah air, pilihannya adalah jadi dosen ato jadi researcher, yang mana atmosfer riset di indo , katanya sih, kurang ahsoyyy...

pic from here

2. kerja
 ini kalau di indonesa mau kerja dimanose?di perusahaan barang?jasa (konsultan)?atau mau jadi fe-en-es. tetep lho dilemasiong. semisal nih ya, ada perusahaan disodorin dua orang dengan umur yang sama, si A abis lulus s1 menghabiskan dua tahun dengan berkarir cari pengelaman sebagai fresh graduate dan si B ngabisin dua taun untuk lanjut master, hakul yakin lah perusahaan lebih suko sama si A. 

terus pernah dong, pada suatu masa pengangguran jaman s1, gw daftar untuk jadi outsourcing di koordinator kemenkeu. pas interview, bapak yang interview gw -eniwei, i still remember your name sir!!- menatap aplikasi gw (cover letter, cv, transkrip) terus berujar 'kenapa kamu apply ke sini?kenapa kamu nggak jadi dosen aja?' nyebelin ga tuh?!?! ehm, maksut gw, NYEBELIN NGGAK SIH?! lha emang di mana salahnya kalo orang semodel gw apply kerjaan dan bukan jadi dosen? ngehek ya bokkk...


nah, kalau kemudian ditanya mengenai kondisi ideal, mau lo apa ning?! gw mah pengen jadi artis aja, biar bisa diwawancara di graham norton show atau kawin ama george clooney, udah pasti satu dunia akan gempar!!! *ngayalnya udah kebangetan. dukun mana pun ga ada yang bisa bantu!!*

sejujurnya, gw nggak tau gw pengen apa. pengennya itu kerja di industri kreatip biarpun daya kreasi gw minim dan nggak nyambung ama kuliahan yang gw ambil :)))). ngapain gitu kek. gw seneng nulis, tapi cuma sebatas tulisan ringan nan alay, ga bisa lah diandalkan. atau apalah yang kreatip-kreatip di mana ide-imajinasi bisa membumbung tanpa dibatasi..

tapi ya nggak tau juga sih. mana tau kita sama masa depan. kali-kali pas gw nulis ini ada malaikat lewat terus dengan ajaibnya gw ditawarin jadi bond girl di pilm james bond berikutnya bareng daniel craig terus di wawancara di graham norton. we' ll never know. *yakali ning we'll never know, tapi ngayalnya ga usah kebangetan juga kali!!!:)))* atau mana tau tiba-tiba datang tawaran dari mas adam levine buat jadi pembantaian di rumah doi, ihhhh mau banget deh guwe....moahahahhaahhaha

kancing kemeja pengen gw bukain ampe bawah!!
          pic : here

2 comments:

  1. pe *prok prok* en *prok prok* es *prok prok* pe-en-es *ala ala cheers*

    taun ini ada bukaan (sepuluh) ceu..aing hakkul yakin mun manehna daptar bakal ditarima :") pr nya skr adl istiharoh selama 6 bulan buat yakinin msk mana..krn skali masuk sini tak akan bisa keluar lagi..muahahahaha >:)

    ReplyDelete
  2. ceu!!!!aing bisa-bisa istiharoh selama setaun pinuh!!!karek memutuskan ketika bukaan geus ditutuf :))))

    ReplyDelete