Thursday, 23 May 2013

pra budapest..

Budapest itu ibukota dari Hungary. Salah satu negara di Eropa Timur (timur apa tengah? timur kan yak?!). Asalnya merupakan dua kota, yaitu Buda dan Pest yang dipisahkan oleh sungai Danube tapi kemudian bersatu.

Oke. cukup penjelasan singkatnya *tidak menjelaskan apa-apa :))))*. jadi kemarin sempet ngibrit ke budapest. berangkat hari sabtu sore jam 6 dan pulang dari sana senin penerbangan jam 6.30 pagi. bentar amat? namapun mahasiswa kere, lamanya tinggal di sana ditentukan oleh harga tiket pesawat. bbbzzzttt...

menurut hemat saya, kalau mau main-main di budapest, paling enggak ambil dua hari. hari pertama acara gempor dan menjompo, hari kedua acara rileks dan senang-senang. budapest itu kan termasuk walkable city, yang mana tempat-tempat cantiknya bisa dicapai dengan jalan kaki, tapi tetep aja gempor kalau semua dijabanin. maka dari itu, di hari pertama khatamkan tempat-tempat tsiamik dengan berjalan kaki, dan di hari kedua lakukanlah prosesi wisata kuliner ditambah spa and bath. karena kota ini terkenal dengan spa&bath (yang katanya) cihuy bangetssss (aku jadi nyesel kemarin ga nyobain...)

karena kali ini perjalanan dilakukan sendiri, gw punya kesempatan buat belajar. belajar booking tiket dan hostel (oke ini gampang, ga perlu dipelajari). yang paling penting belajar bikin rute, keadaan kotanya seperti apa dan cek transportasi umum. minjem istilahnya mbak leija, dengan kita merenanakan jalan-jalan (apalagi ik ngibrit sendokir), kita nggak cuma jadi zombie. yaitu mereka yang icut di travel group kemudian cuma bisa ikut lari-lari centil ke sana kemari mengikuti teman-teman (dan guide-nya) dan ditanya nginep di mana pun belum cencu bisa jawab (ini gw waktu ke itali, akibat udah ada yg ngatur ;p).

website yang paling gw andalkan ketika akan mengunjungi budapest adalah ini. dari list kegiatan di website tersebut, gw bisa pikir-pikir mana kegiatan yang paling gw sukai. the best thing dari jalan-jalan sendokir adalah kita nggak perlu kompromi sama orang lain. semuanya kumaha aing, ga pake drama!! isn't that good :'))) 

hal lain yang jadi concern adalah peta. gw ini payah dalam membaca peta fisik. kalo disodorin gps di google maps, baru lancar. rencana awal adalah download offline map dari google, yang sebelumnya sudah diberi tanda tempat-tempat yang akan dikunjungi. setelah didownload dia akan jadi offline, tapi fungsi gps tetap ada, pun tenpat-tempat yang sudah ditandai. apa yang tejadi? fitur offline map untuk budpest tidak tersedia di g-maps!!!mati aing!!yudadavavay. tapiiiiii, apa gunanya punya smartphone kalo kita nggak terupgrade jadi smart *ciyehhhh*, maka gw pun coba cari-cari di playstore dan dpet aplikasi offline map dengan fungsi gps. Allahuakbar!!! aplikasinya dari stay.com, bisa dicoba lho. sangat membantu. 

hal berikutnya yang memegang peranan adalah: transportasi. iya sih, di inner city nya kita bisa jalan. tapi masa' mau jalan dari airport-hostel dan hostel-airport?!gile lu ndro!!! untuk airport-hostel atau hostel-airport ada beberapa pilihan. seperti bus, kereta, tram, taksi, atau shuttle bus. akhirnya pilihan gw jatuh pada transportasi rakyat untuk airport-hostel, yaitu bus sambung metro. apa pasal? murah dan gw ga diburu-buru waktu. biar belajar juga, sampe di satu kota, ambil beus dan metro bak warga lokal, ngoks!!untuk hostel-airport gw ambil shuttle bus. kenapa? ga mungkin pake beus/metro/tram karena jadawal penerbangan 6.30 dan jam 5 pagi gw udah harus nangkring di bandara. gw ga ambil taksi karena (rada) mahils. sedangkan shuttle bus ini reliable (seperti taksi) dan harganya setengah dari harga taksi!! (tergantung jarak juga sih). pun dia menjemput kita. systemnya kayak travel di indonesia tapi door-to-door. asik kan? ini perusahaan yang gw pake. 

doku!!!ini penting karena mereka nggak pake euro. penting juga untuk cek conversion euro (ato mata uang apa pun) ke HUF. bisa buat ancer-ancer berapa duit yang perlu diambil. karena sayang aja kalau akhirnya duit sisanya rada banyak, receh-receh. dipake nggak bisa, dituker pun remfong. 

persiapan lainnya adalah banyak berdoa supaya cuaca mendukung dan dijauhkan dari mara bahaya!! :D

2 comments:

  1. Foto doooong, Kakaaaaaks! Bhihik.

    ReplyDelete
  2. sebentar ya kakak...di post berikutnya :))))))

    ReplyDelete