Saturday, 1 June 2013

een fijn weekend: Maastricht

sabtu minggu lalu, gw baru melakukan perjalanan. bukan perjalanan ke barat untuk mencari kitab suci bersama tong sam cong, tapi perjalanan ke selatan menuju maastricht. diniatin banget sih engga, abis gempor dari budapest, pengennya bobok-bobok aja sepanjang wiken. apa daya, manusia berencana tapi kesediaan dagkaart yang menentukan!! jadi gw masih punya dagkaart yang kadaluarsa minggu lalu, mau nggak mau harus dipake. daagkart itu semacem one day ticket train, jadi selama sehari bebas naik kereta ke mana aja di belanda. makanya tujuannya pun ke maastricht yang jauh di selatan, gw gitu, prinsip ekonomi ogah rugi :)))).

dari maastricht, kalau mau ke belgia pun tinggal ngesot. banyak warga indonesia di belgia yang tinggalnya di sekitaran hasselt kalau belanja bumbu-bumbuan khas indonesia perginya ke maastricht. jadi ke manakah gw waktu di maastricht?? embuhlah, pokoknya di sekitaran city center, kemudian melipir lumayan jauhhhhh dan belagu parah ambil jalan pulang menuju stasiun yang berbeda dari waktu gw berangkat. sempet cengok dan plangak-plongok *as always!!*

sebenernya tujan utama gw ke maastricht cuman sebijik, yaitu mengunjungi toko buku selexyz. hip dan hepening abis karena bangunannya yang unik. kota maastricht nya cantik. tapi, me personally, sejauh ini, tetep lebih suka leiden, entah kenapa. tapi yang doyan kongkow-kongkow dan ngopi, maastricht ini enak banget. banyak spot asik buat nangkring. pun di selexyz bookstore, ada kafe di dalamnya. tapi perjalanan dari wageningen menuju ke sana super bosenin. sekitar dua jam setengah di kereta. pun pemandangan sepanjang jalan nggak azik. dan saitonnya, keretanya sempet ngadat di jalan -_-. so, here the city called maastricht yang mana mendung sedang menggantung pada saat itu...

ini jembatan salah satu khasnya maastricht
tempat berikut ini masih di city center, tapi untuk sampai sini gw pake acara tawaf muter-muter dulu karena.....bingung ;p

tempat apakah gerangan???

Selexyz bookstore!!!yeah!
ngopi dulu kakak....
sejatinya, gw nggak tahu apakah boleh ambil-ambil foto di dalem toko buku atau engga. yaudahlah gw foto-foto aja, toh kalau nggak boleh (dan ketauan ;p) pasti disamperin sm mbaknya dan ditegur :))))

jalan menjauhi center. kemudian bingung...


Basilica of St. Servatius

(masih) Basilica of St. Servatius


Bonnefantenmuseum
balik dari maatricht udah jam 8 malem yang mana kalau perjalanan lancar, bakal sampai wageningen jam 10.30 (belum di tambah naik beus sampe deket rumah lho ya). terus dengan sotoynya gw berkata dalam hati 'ah,,,iseng ambil jalur lain ah...' yang mana jalurnya ternyata lebih komplikated dan yang seharusnya berakhir di utrecht malah berakhir di den bosch karena sedang ada perbaikan jalur. dari den bosch pun akhirnya lanjut pake beus ke utrecht, kemudian masih nunggu kereta pulak ZZZzzzZZZZZ. sampai rumah udah lewat tengah malam. saatnya ciderela berubah jadi upik abu. but maastricht was worth to visit :D

No comments:

Post a Comment