Saturday, 20 July 2013

puasa: dihargai atau menghargai?

ahoy!!

gimana puasanya setelah lewat sepuluh hari pertama? udah kerasa lebih gampang lahya...
gw sendiri? ahahahahahah...kerasa lebih gampang dari awal-awal, tapi tetep ngantukan ga abis-abis... superpisor gw suka nanya 'are u still feeling ok?' hahahahahahah...mungkin kedongoan dan kengantukan jelas terpancar kali yak.

alhamdulillah loh, taun ini masih bisa ngerasain puasa romadon, dan lagi-lagi di belanda. iAllah, taun ini lebarannya bukan di kereta arnhem-zurich dalam rangka summer course. sebenernya gimana sih rasanya puasa bukan di indonesia dan bertepatan dengan summer? bersyukur aja hamdalah *jawaban paling sakinah. tanda-tanda siap dilamar sama.......i was about to type adam levine. but he's engaged now. i hate him!!* *sape lo ning?!* 

bersyukur apanya? bersyukur karena sebagai muslim, gw menghabiskan hidup gw paling banyak di indonesia, di mana kemudahan puasa begitu kerasa. bukan cuma puasanya, tapi suasananya sangat ramadhan biarpun petasan dimana-mana. hih! selain itu, bersyukur juga karena dikasih kesempatan untuk ngarasain puasa di sini, pun di kala summer. ketidakmudahan puasa sebagai minoritas di kala summer bikin gw belajar untuk bnggak take for granted aja kemudahan yang ada di indo dan lebih menghargai bahwa saat kita puasa pun tetep ada hak-hak orang nggak puasa yang musti kita hargai. di sini mana ada cerita minta dihargai, puasa ya puasa aja, orang-orang kadang nanya 'gila apa nggak makan minum hampir 20 jam?' ngejelasin pun kadang bingung. tapi yaudahsih, paling buntutnya gw tutup pake 'it's a matter of choice. pun kalau muslim tapi nggak au puasa, ya silakan. mau puasa, ya silakan. as long as we respect each other'. edan!!! biarpun dongo, kadang-kadang gw oke juga....

inget ketika di indonesia ribut-ribut bahwa mereka yang berpuasa minta dihargai? tolong jangan makan di depan kami lah, semua restoran harus pasang tirailah atau bagaimana lah. lupa aja kita kalau nggak semua orang puasa. terus aja minta dihargai tapi kadang lupa juga buat menghargai yang lain. biasalah, mayoritas. kadang lupa diri :)))

sebenernya ini sih self note aja buat diri sendiri. kalau lagi puasa, pun puasanya di tempat yang mendukung (misal: indonesia) tapi masih terus-terusan minta dihargai tapi lupa menghargai, ya di mana letak ibadahnya? letak belajar untuk sabar dan nahan dirinya? 

ah udahlah...udah terlalu banyak omong gw ini. it's pure a self note for me.
selamat puasa. 

SEMANGAT MASIH ADA 19 HARI LAGYEHHHHHH *pukul kentongan*

No comments:

Post a Comment