Sunday, 28 July 2013

tante nyebelin..

'ning, kalo ibu-ibu yang udah lama tinggal di belanda, apalagi kawin sama orang belanda suka pada belagu ya? kayak nggak mau kenal sama orang indonesia biasa kek kita ini ya?abisnya dulu waktu gw main ke belanda kayak gitu'

itu pertanyaan yang gw dapet dari temennya-temennya-temen (yang akhirnya jadi temen gw juga) waktu liburan winter 2011 di milano. si temen ini kebetulan satu almamater waktu S1 tapi beda jurusan dan pada  saat itu sedang s2 di turin. jawaban gw pada saat itu 'iya gitu? sejauh ini sih biasa-biasa aja. kalau ada acara gede idul fitri ato idul adha suka ngundang makan malah' *jawaban mahasiswa kere* 

soalnya, memang pada kenyataannya emang baik-baik aja. mbak-mbak yang nikah sama orang belanda asik-asik aja dan baik sama anak mahasiswa. sampai akhirnya hari ini gw ketemu tante nyebelin sombong parah!!! entahlah dese kawin sama orang belanda apa bukan, tapi dari kelakuannya menyuratkan dua hal: 1) sombong parah 2) suka ngeremehin.

begini ceritanya, hari ini, kami berlima mau jalan ke roermond. roermond itu nama kota di belanda yang terkenal karena punya kawasan belanja barang yang punya nama. sebutlah dari michael kors, tod's, furla, diesel, fossil, sampe prada (dan brand lain yang gw nggak ngerti karena kurang gaul). nah, di sini kita bisa belanja barang original merk tersebut dengan harga yang tidak semahal di tempat lain *meski buat gw mah sebagian barang tetep mahal*

nah, kami tadi sedang ada di suatu toko buat pilah pilih barang sampai tiba-tiba si tante ini datang. awalnya dese masih ngomong-ngomong normal, sampai kemudian:

tante nyebelin (tn) : kalian di belanda ngapain?
kami (k): oh, sekolah tante.
tn: sekolah apa? suster ya?
k : oh bukan tante. kuliah di wageningen.
tn : apa? waningen? di mana itu? <<- belanda="" di="" ga="" p="" puluhan="" screw="" tau="" taun="" udah="" wageningen.="" you="">
k : ada sih tante. desa kecil deket dari arnhem sama utrecht. universitas science gituh.
tn: ngapain? pasti exchange ya?
gw:  engga tante sekolah beneran
tn : berapa lama? setaun ya?
gw: enggak tante, master dua taun
tn: ANAK SAYA SIH SEKOLAHNYA DI TILBURG. SEKARANG UDAH KERJA DI UNILEVER JADI BLABLA (LUPA) MANAJER. BAGUS ITU KARIRNYA, BARU 24 TAHUN. KALIAN LIAT TAS-TAS YANG PADA DIJUAL? ITU SAYA UDAH PERNAH BELI WAKTU SAYA MASIH MUDAH, SAMA PERSIS. SEKARANG MODELNYA DIKELUARIN LAGI.
k: ohhhhh
tn: blablablabla....KOK KALIAN PADA BISA BELANJA DI SINI SIH?

mulai dari bagian ini, permbicaraan mulai terdengar samar karena gw rada jauh dan nggak involve. 

tantenya bangke banget nggak sih?!?!?! terutama bagian pamer anak dan nanya perihal kita bisa belanja di situ. gila ya bok, itu orang indonesia loh. ibarat kata, dese itu kan saudara sebangsa dan setanah air loh, tapi malah ngerendahin sesama *kirim santet sama tante*

ngemeng-ngemeng barang branded, gw jadi inget gimana biasanya perlakuan mba-mba pramuniaga yang kerja di counter seperti ini kalau di indonesia. bitch me please, tapi hari ini adalah pertama kalinya gw masup toko prada. yes, pertama kalinya. dan zuzur ya, kalau di indonesia, mungkin gw akan mikir seribu kali untuk menentukan apakah gw akan mampir toko prada atau engga. nggak berani cynnnn...secara gw adalah cewek nggak fashionable sama sekali, ga modis sama sekali terus masuk ke toko prada di indonesia. hakul yakin semua penjaganya bakal menatap gw dari atas sampai bawah seraya matanya menjudge 'sumpe lo masuk sini? situ oke? mampu beli?' hoekkkksssss!!!!

di sini? hajar aja semuanya!!! mau se branded apapun, kita masukin aja.mo  nyoba-nyoba pun ga masalah, perkara beli atau enggak, sama sekali nggak jadi masalah buat pramuniaga di sini, toh nggak ngerusak, nggak nyuri. mereka nggak mandang rendah/remeh dan melayani semua costumer dengan baik. mau yang keliatannya tsakep, atau yang buluk kayak gw, pret!!! hal begini ini sebenernya seriiiiingggg banget gw denger di indo. dari mulai mba-mba pramuniaga barang branded yang nggak ramah sama cosumer yang (keliatannya) ga mampu beli, atau pelayanan tempat makan atau apapaun yang bersahabat kalau si costumer adalah bule!!!

puasa-puasa bergunjing. ya biarinlah....

2 comments:

  1. wihhh kalo gw ketemu si tante sombong itu, bakalan gw sombongin balik sampe si tante terperosok jurang ketidakmampuan.. gw kritik pekerjaan ama sekolah anaknya sekalian.. :))))

    ReplyDelete
  2. bosssss!!!!kayanya cuma elo yang bisa manghadapi si tante nyebelin itu deh. mungkin di bakal minta ampun sama elo pas elo sombongin balik :))))))

    ReplyDelete