Thursday, 8 August 2013

h-28

everything was like ordinary day until the evening came. hari terakir puasa yang mana kalau di indo nggak lain dan nggak bukan adalah malam takbiran. tadi, kami ppi-wageningen ada buka puasa bersama sekaligus takbiran. pas takbiran, oh...hatiku mencelos...sedih amat yah lebaran jauh dari handai taulan T_____T, pun mau ikut solat ied pun *yakali meski gw lagi ga solat* harus ambil day off, situ kira libur apa?!

jadi flash back ke taun-taun sebelumnya mengenai iedul fitri yang gw alami. selama tiga taun terakhir, ada aja ceritanya...

1. tahun: 2013, lokasi: wageningen
iedul fitri taun ini sedang nggak solat sekaligus jadi iedul fitri pertama di belanda pada umumnya dan di wageninen pada khususnya. buka puasa bareng, takbir seadanya, kangen suasana iedul fitri di indonesia. kangen orang rumah :"(((. kalau nggak ada hari ini, mungkin nggak pernah bersyukur atas iedul fitri sebelumnya yang dijalanin bareng-bareng dengan keluarga. mungkin take it for granted aja. for people in indonesia who celebrate it together with their (big) family, syukurilah. that's just too precious :") 

2. tahun: 2012, lokasi: arnhem-zurich
tahun lalu sebenernya lebih parah dari taun ini karena taun kemarin bertepatan dengan summer course yang gw ikutin. malam takbiran gw sedang ada di arnhem station untuk pindah lokasi summer course dari wageningen menuju zurich. walhasil, malam takbiran nggak lain dan nggak bukan di kereta. dengan beberapa teman yang ngeh mengucapkan 'selamat ya puasanya udah beres. bisa makan bareng-bareng lagi kita'. besok paginya, yang mana muslim lain sedang solat ied, kita baru sampai hotel di zurich. capek. sarapan. istirahat. berenang di danau *jahanam ya gw :))))* justru karena nggak ada sama sekali bau-bau iedul fitri, jatuhnya gw ga ngerasa apa-apa dan ga sedih sama sekali. kalau taun ini ada suasana iedul fitri, tapi ya suasananya  KW doang...malah bikin sedih. antara hidup segan mati tak mau...huftness

3. tahun 2011, lokasi: bandung-BSD-bandara
di hari iedul fitri tahun 2011 adalah hari di mana gw berangkat ke belanda untuk menuntut ilmu *tsahhhh* my first-solo-long-flight. paginya solat ied di rumah, salam-salam sama tetangga, kemudian langsung ngibrit ke BSD (tempat si aa), kemudian sorenya menuju bandara untuk berangkat. nggak terlalu berasa iedul fitri. hurry and busy.

tapi biar bagaimanapun juga, i feel blessed. dengan semua hal yang tidak biasa, ngajarin gw banyak hal. banyak bersyukur karena Tuhan masih beigitu baik sama gw. dengan level keimanan yang kacrut dan ibadah yang morat-marit, Tuhan masih jagain gw. semoga doa-doa kecil yang gw panjatkan selalu Dia dengar untuk kemudian di kabulkan. semoga masih bertemu dengan ramadhan berikutnya. dengan pengalaman lain yang sekiranya bisa bikin gw lebih banyak lagi bersyukur. amiin...

" maka nikmat Tuhanmu yang manakah yang kamu dustakan?' -Ar-rahman-

No comments:

Post a Comment