Sunday, 1 September 2013

h-5

karena ini sabtu terakir, rencana awalnya ingin yalan-yalan meski nggak tahu ke mana. bangun pagi kok ya mendung, sempet gerimis juga. madesu ini kalo dipake yalan-yalan. cek prakiran cuaca katanya setelah jam 12 mataharinya bakal bersinar. mmm...mmm....mmmmm, berhubung prakiran cuaca di sini sungguh akurat, mungkin bisa dijadikan rukun iman yang ke-7, maka gw putuskan untuk pergi. ke mana? embuh!!

sambil jalan di dalam bus sambil mikir, ini ada dua kandidat: rijksmuseum di amsterdan atau ke haarlem. dan karena haarlem itu jaraknya ga lebih dari cuma sekitar 15-19 menit naik kereta dari amsterdam, maka diputuskan untuk main ke dua tempat tersebut. bangcrut-bangcrut dah!!

singkat kata jam 13 gw udah pegang tiket masup museum, just fyi, am not that into museum. bukan penggemar museum lah intinya. tapi karena museum yang satu ini femeus dan baru aja selesai direnovasi setelah 10 tahun, maka gw pun pensaran.untuk dewasa, harga tiketnya 15 euro dan untuk usia di bawah 19 tahun haratis!

gila geda banget ini museum!!! ampe gempor parah. kalo dibandingin sama louvre, gw ga tau mana yang lebih besar, udah lama banget pas terakhir kali ngunjungin louvre. yang pasti rijksmuseum ini punya lukisan yang super gede bernama waterloo, GEDA!!

selain kagum sama isi museumnya, sepanjang kunjungan yang gw pikirin adalah: ini sepuluh taun renovasinya ngapain aja?, abis berapa duit?, maintenancenya priye? berapa arsitek yang terlibat, berapa interior designer yang dipekerjakan?, berapa ahli teknik fisika yang turun tangan buat ngurus pencahayaan?, gimana cara ngumpulin barang sebanyak itu?????? dll, dll.

gw menghabiskan waktu sekitar 3.5 jam buat muter semua komplek dan udah pake ngebut di akhir-akhir. bagusnya, kalau emang penggemar museum, mau menghayati, dan pengen ngubek semuanya, datang di awal jam buka. selain punya banyak waktu, antrian tiket-pun pasti lebih singkat.

Rijksmuseum ini terbagi jadi 4 lantai (lantai 0-3) dan di masing-masing lantai terbagi menjadi dua wings (kanan dan kiri). di lantai 0 wing kanan adalah barang dari tahun 1100-1600, sedangkan wing kiri adalah special collection yang mana barangnya macem-macem (termasuk keris pemberian sultan madura untuk king william I). di lantai 1 kita bisa mendapati koleksi tahun 1800-1900 di wing kanan dan untuk wing kiri koleksi tahun 1700-1800. naik ke lantai 2, koleksinya makin tua. untuk wing kanan ada di kisaran tahun 1650-1700 sedangkan wing kiri menunjukkan koleksi tahun 1600-1650. pun di lantai dua ini terdapat sculpture gallery dan nachtwacht juga lorong berupa  eregalerij (gallery of honour) dengan karya-karya dari rembrandt, vermer, steen, hals. lantai terkahir alias lantai 3 adalah lantai terkecil, wing kanan isinya new art dari tahun 1900-1950 dan wing kiri berisi karya tahun 1950-2000 termasuk karyanya yves saint laurent (baju yang ada item nya di tengah kayak tanda  'plus' *maap gw kurang gaul ga tau namanya :)))*)


NAH, IMEJ CEWEK CANTIK TUH HARUSNYA YANG MOLEUH-SEMLOHAI GINIH!! HIH!!

catur jaman baheula

Notre dame rue pada masanya :')


pada masanya, beljieum dan NL itu pernah bersama dan punya 18 provinsi

just to give an idea about how big waterloo painting relative to that woman

Javanese marketplace miniatur :'D


Gallery of honour

no matter where, alay will remain aL4Y!

idup ga nih kalo malem?

Keris pemberian sultan madura pada raja william I (tahun 1835)
potonya sebenrnya masih banyak (banget..nget..nget) tapi akuh sudah pusing. intinya Rijksmuseum is worth to visit!! :D

setelah itu sempet bingung mau ke haarlem atau enggak karena udah sore. tapi karena udah kadung sampe di amsterdam, ya udahlah, hazar aja. dan aku jatuh cinta sama haarlem :'). nice&beautiful city. waktu gw ke leiden dan maastricht pun gw langsung mikir 'ini kota cantik amat.' tapi udah gitu doang. kalo haarlem langsung jatuh cinta seraya berujar 'gw mau nih tinggal di sini'









een fijne dag :'D

No comments:

Post a Comment