Thursday, 21 November 2013

Stay sane

Bulan kedua masih nganggur, bedanya sekarang ini udah mulai apply-apply...macem-macem lah yang di apply, sampai aplikasi buat jadi tukang kebun adam levine pun dikirim. I had plenty conversations with some of Indonesian friends from Wageningen. Kebanyakan isi perbincangan seputar kerjaan yang belum kunjung dapet. I smell panic. I really do.

Terus lo sendiri gimana ning? honesty, gw belum panik. belum panik. terserah ye mau percaya atau enggak. gw lebih panik karena gw ga tau apa yang gua mau, tapi kan berdasar postingan sebelum ini, gw ga mau sampai melewatkan kesempatan atau job chronic hoping, yowis kita kirim lamaran-lamaran yang kira-kira cucok di hati.

Kemudian ya gw tanya ini kenapa sik kalian panik-panik amat baru jugak dua bulan? manapulak mereka itu orang-orang yang hebat dan udah punya bekel pengalaman kerja yang cukup banget buat kehidupan selanjutnya.  Dan dugaan gw bener kenapa mereka panik, karena pas jaman lulus S1 nggak pernah ngerasain masa nganggur yang lama atau bahkan udah kerja sebelum lulus. owww...pantas saza.

Ini juga alasan yang bikin gw belum panik sampai hari ini. I've been through something worse than this after I obtained my bachelor degree. Yagitudeh masa lalu. Masa pengen sekolah S2 ke luar-dapet beasiswa dua bijik yang udah di tangan-blunder-ga jadi sekolah-down-pundung-ga mau kerja. I was seriously down. Might sound silly, but it was actually (one of) my lowest point(s). Malesin banget kalo diinget-inget nggak mau ngapa-ngapain cuma mewek aja tiap hari. Awalnya dibiarin ama orang tua, sampe akhirnya emak gw dengan gagah perkasa mengeluarkan ultimatum 'Kamu harus keluar rumah. Ambil kerjaan yang ada di depan mata. Ga usah ribet soal gaji. Pokonya kamu harus keluar rumah, punya kegiatan, dan sambil kerja itu kamu tetep bisa cari sekolah. Pokoknya keluar rumah.' Gahar ya bok??? But she was right. Ya mo sampai kapan gw meratapi blunder yang gw buat. Hidup ga bisa di undo seperti permainan catur di handphone kalau kita salah langkah. Akhirnya gw baru keluar rumah untuk berkegiatan lagi setelah 7 bulan gw lulus. yes 7 bulan...ahahahahahaha. Tujuh bulan itu bukan masa-masa meratapi beasiswa ya, itu masa-masa habis lulus, termasuk di dalamnya dapet panggilan kerja sana-sini, ditolak kerjaan di sana-sini, nolakin kerjaan sana-sini, dapet-nolak beasiswa, dan meratap di tembok ratapan. 

Ih kalau diinget-inget lagi, masa-masa itu tuh nyebelin banget but then I learned a lot. Kayak sekarang ini, gw bisa lebih santai nyikapin masa nganggur dan tetep cari-cari yang cucok. Another thing that keep me sane? Temen-temen tentu saja!!! ada dua genggong paling berpengaruh dalam hidup ini. genggong KPA dari jaman SMA dan genggong eceu TL. Kedua gengong ini anggotanya sudah pada sakseus di jalan mereka masing-masing, bedanya, dengan anak-anak KPA gw lebih santai. 'Yah ning, santai aja kali. Baru juga lulus, Gw juga kerjanya setelah sekian lama nganggur, nanti juga dapet. Serius amat ama hidp lo' kampret!!! :)))) Sedangkan eceu TL lebih sigap dan gencar dalam cari-cari kerzaan setelah lulus dan visioner, hal ini jadi pengingat buat gw bahwa gw boleh tetep santai tapi harus sigap juga sebelum terlibas peradaban. Jadi kayak diseimbangkan aja gitu di antara dua genggong. 

Jadikalo ada yang bilang pengalaman itu guru yang berharga emang bener sih, etapi sambil didoain juga kalik gw cepet dapet gawe apa dapet laki apa dapet pehade. etapi boong, yang terakhir disebut terlalu nyeremin :))).

Selamat hari kamis, biar gerimis tetep senyum manis *pret* 

2 comments:

  1. Aku pernah juga ngalamin masa down, saat emang abis lulus S2 dan Inggris lagi kena monetary crisis.
    Ngelamar kerja sekitar 50 lamaran / hari dan ketrima beberapa bulan setelahnya. Waktu nganggur tuh gak ada uang sm sekali, temen udah banyak yang capcus, dsb dsb..

    Ah kalo ngeliat ke saat itu lagi, ngerasa beruntung udah ngejalaninnya karena emang saat desperate yang bikin kita kuat ya.

    Btw 'ning imel kamu apa?
    Mau aku add buat di blog readers nih hehe..

    ReplyDelete
  2. Mba Amy, perasaan ditinggal temen itu loh yang paling bikin ngerasa madesu (masa depan suram)...ZZzzzZZz

    eniwei, imel aku bening.mayanti@gmail.com :D

    ReplyDelete