Saturday, 8 March 2014

Gemblungisme (2)

‘Semakin tua, orang itu jadi semakin nggak cakap’ -emak gw, 2014- 
Nggak cakap lho, bukan nggak cakep *etapi semakin nggak cakep juga deng, kecuali Richard Gere*

Jadi kegemblungan kali ini disponsori oleh orang-orang yang (beranjak) tua. Bokkkk…aneh-aneh aja gitu yak, kadang sebagai yang muda gw suka ngerasa ‘apeuuuu banget sik inihhh’ etapi kemudian istigfar soalnya pada waktunya gw juga bakal jadi tuir :))))

Gemblung 1
Pada suatu hari, emak gw lagi rebus ubi di dalam panci yang tertutup. Pada suatu saat, si rebusan ubi itu udah nge-jes *’e’ dibaca seperti demam* (nge-jes itu adalah keadaan di mana rebusan sudah mendidih dan air mulai merembes tumpah lewat sela-sela panci dan tutupnya), maka gw bukalah si tutup panci sambil ngasi tau emak kalau si rebusan ubi udah nge-jes.

Lalu gw mainan laptop di kamar, sampai tiba-tiba gw mencium bau yang mencurigakan. Hal pertama yang gw lakukan adalah nyium bagian angin dari kipas laptop bertiup. Makleum, kipas laptop kadang-kadang ngadat, gw takut kalo saking panasnya ada bagian dalam laptop yang kebakar. Tapi kok ya laptop panas bisa ngeluarin bau karamel?!?! Sejurus kemudian gw inget ‘YA AMPUN INI PASTI REBUSAN UBI.’ Langsung gw ngibrit ke dapur dan bener aja dong ubi sudah menjadi gosong. Air rebusan udah menguap, panci jadi item gosong, ubi pun gosong. Emak gw cuman komentar ‘perasaan nge-jes nya baru sebentar, kok udah gosong ya.’ Dan gw masih nerusin ngomel-ngomel gegara gw yang di dalam kamar bisa nyium bau gosong, kenapa emak gw yang di ruang tengah malah nggak nyium?! Belum lagi, concern-nya emak gw adalah si panci ‘duh, lebar euy (sayang nih) ini pancinya jadi gosong.’ Apa kek concern yang lebih penting, semodel syukur ga ampe meledak atau gimana, secara asap udah kemana-mana. Bbbzzzztttt

Gemblung 2
Cerita ini datangnya masih dari ranah freshc*re. Ini apeu bangetlah antara keluarga gw sama freshc*are. Ini gw dapet diceritain emak gw doang sih.

Emak:  waktu itu tuh punggung pegel banget, ya udah ta’ olesin freshc*re. pas udah beberapa lama kok aneh ya, kok pliket, pas ta’ liat yang diolesin bukan freshc*re tapi rexo*a.
Gw:     ……
           …….
           Aneh banget sih gosokin rexo*a, orang botolnyaaja jauh lebih gede
Emak: ya nggak tau atuh, namanya juga udah tua, nggak sadar

Gw:     …..

Gemblung 3
Nah, yang ini juga diceritain, tapi datangnya dari simbah. Bukan simbah yang asli sih *yakali ning, emang ada simbah palsu*, maksudnya ini cerita dari istri adiknya mbah gw. Kalo istilah bahasa sunda 'nini ti gigir' (nenek dari pinggir...hyeukkk). Nah, simbah ini punya ritual sehabis mandi, yaitu gosongin krim muka ke muka *yaiyalah* dan gosokin rem*son ke badan, sampai suatu hari...

simbah ke ibu gw : yu, aku ki salah je. Masa' kemarin aku habis mandi malah nggosok remason ke muka, bukan ke badanku. panas tau.

ini gw terngakak abissss...makkkk, gimana ceritanya gosok rem*son ke muka...ya amplop :)))) *brb tobat takut kualat* 

No comments:

Post a Comment