Sunday, 13 April 2014

Jamaah Baking Soda

Bukannn!!! baking soda bukan sejenis ustad terus gw jadi pengikutnya dan menyebut diri gw sebagai jamaah baking soda *krik*. Gini lho, beberapa waktu yang lalu, sempet merhatiin twitternya @JennyJusuf yang lagi ngomongin baking soda sebagai pengganti dedoran. Hal pertama yang kepikir adalah 'seriusan?! baking soda buat di puk-pukin ke ketek gituh?! jangan-jangan abis itu keteknya ngembang!!' secara baking soda kan buat pengembang gitu kan kalo kita baking.

Jaman dulu tuh cuma tau kalo baking soda itu salah satu bahan kalo lagi baking yang fungsinya sebagai pengembang. Nah kandungan baking soda (natrium bikarbonat) itu kalau ketemu bahan yang sifatnya asam kan bereaksi ngehasilin karbondioksida dan gelembung udara gitu, yang begitu kena panas (oven) akan bikin adonan mengembang (cmiiw). Selain buat baking, gw pernah denger sih kalau baking soda itu efektif dipake untuk bersih-bersih. Katanya oke banget kalau dipake bersiin kerak bandel di porselen atau saluran/pipa yang clogging, tapi entah harus dicampurin sesuatu. 

Nah, begitu denger kalau baking soda efektif sebagai deodoran gw langsung semangat gituh! ahahaha...kalau orang lain concern ke masalah kesehatan karena (katanya) deodoran itu salah satu bahannya adalah aluminium yang (katanya -->katanya karena gw gak tau fakta sebenernya kayak apa) bisa jadi pemicu kanker, kalau concern utama gw adalah NODA DI BAJU GW!! makkk...ini pasti sudah lumrah kalau deodoran itu bikin baju putih jadi kuning dan baju item jadi putih (meskipun sekarang udah ada produk deodoran yang invisible gituh). Kalaupun warna baju bukan putih atau item, tetep aja ada residunya gitu *halah residu*. Iya emang, am that shallow, di saat orang berlomba-lomba buat (gaya) hidup sehat dengan no deodoran, gw mah mikirin noda di baju, padahal baju juga kaga ada merknya semua :))). Pun baking soda kan mursid ya, beli sebotol kayaknya ga abis-abis juga...bahahahhaha

Singkat cerita, akhirnya gw cobalah baking soda sebagai deodoran, dan so far so good lochhhh :))). Ya kalo keringetan sih, tetep keringetan, tapi ya nggak bau *apa jangan-jangan bau tapi gw nggak ngeh?!prett..enggak kok*. Tapi belum pernah dicoba untuk aktivitas yang levelnya intense sampai keringat bercucuran. Nah, kalau googling tentang fungsi-fungsi baking soda, kita bisa dibikin tercengang-cengang saking ajaibnya bubuk ini. Sekarang, selain sebagai deodoran, gw pake juga buat scrub muka, tapi nggak tau bikin gw agak cakepan apa engga...ahem.

Jadi buat yang penasaran, bisa banget kok dicoba, tinggal beli aja baking soda merk apapun, yang heitz sih katanya arm and ham*er, tapi nggak di setiap supermarket merk ini ada. Jadi pakai merk apapun yang penting baking soda bukan baking powder :))). Nah, kalau udah dicoba kan bisa certain sama gw kecanggihan baking soda sebagai deodoran, gw takut ini ilusi gw semata. Dan satu lagi, ini ga akan bikin burket...bahahahahahaha

No comments:

Post a Comment