Thursday, 29 May 2014

England: I never get sick of your music

Music can be the best companion. Gw yakin banyak yang setuju dengan pendapat tersebut dan nggak perlu diadakan survey untuk ngetes keterandalan dari pendapat tersebut. Nah, banyak dari kita yang sehari-harinya nggak pernah bisa lepas dari musik mulai dair buka mata sampai merem di malam hari. Medianya pun berbeda-beda, ada yang mendengarkan dari handphone, laptop, alat pemutar lagu digital, atau mendengarkan diri sendiri yang sedang nyanyi. Hal terakhir yang gw sebut adalah opsi terakhir buat diri gw pribadi, fals bok, enggak enak kedengarannya. Eh tapi kalau sedang di kamar mandi kok ya suara gw yang fals jadi merdu?

Musik itu, sama seperti makanan, soal selera. Boleh jadi orang lain bilang bagus, tapi kita nggak suka ataupun sebaliknya, meskipun gw yakin sih selera musik gw lumayan, cenderung bagus malah *toyor :)))* Biasanya, lagu-lagu yang gw suka akan gw kopi ke handphone terus gw dengarkan sesuai mood. Penting banget untuk selalu sedia stok musik di handphone sebagai teman kalau kita sedang di jalan, olahraga, atau sedang ngayal. Ngomong-ngomong soal musik nih, ada satu negara yang menurut gw sih gudangnya musisi bagus, apa coba? Apa coba? Apa coba?  Yes, that’s England for sure. ENGLAND FOR SURE!!! *kepslok kepencet*

Kurang keren apalagi coba muisisi-musisi asal Inggris?!?!?! Nah, kalau buat gw pribadi, ada beberapa musisi yang memang berhasil. Berhasil mencuri hati gw *tsaaahhh*, seperti:

Jamie Cullum
Sebenernya bukan fans berat music jazz, yang ada malah pusing pada awalnya. Terus pada suatu hari secara nggak sengaja gw denger ‘Everlasting Love’ dengan versi jazz di radio, lha ini siapa yang nanyi? Kok jadi kece gini? Setelah cek sana-sini, ternyata yang nyanyiin ulang lagu tersebut adalah Jamie Cullum yang sekaligus dijadikan soundtrack untuk Bridget Jones’s Diary. Secara impulsif langsung gw beli kasetnya *iya, gw termasuk golongan yang hidup di era kejayaan kaset* dan satu album keren semua. Gimana satu album? K-E-R-E-N!! Once I got a chance to see his performance on Java Jazz Festival and it was ridiculously ah-may-zing!!! This guy is freakin’ talented!! Gila dulu pas emaknya hamil  ngidam apaan sih? Salah satu performance favorit gw sih pas dia live from Abbey Road bawain Save your Soul. Ehm, Abbey gituloh!! Bring me there to Abbey!! *amen*



Take That
Waini yang satu ini, sekumpulan om-om hawt yang nyanyi sambil joget-joget di atas panggung, siapa yang bisa nolak pesonanya? Pertama kali denger lagu mereka justru ketika mereka ngeluarin lagu ‘Never Forget’ yang diikuti keputusan kalau mereka bubar sebagai grup. Waktu itu gw masih SD dan belum ngerti, gw sih seneng-seneng aja dengerin kasetnya. Sampai gw agak gedean baru sadar kalau Take That itu udah bubar dan kemudian gw pun ngerasa patah hati. Patah hatinya telat. Ditambah Robbie dan Gary yang musuhan dan saling hina. Nggak sih, sebenernya Robbie yang lebih sering nyerang Gary #TeamGary, tapi tetep sih kasetnya Robbie gw beli juga.  Jadi ketika memutuskan untuk bersatu lagi, rilis album, lalu beberapa tahun kemudian Robbie gabung lagi, mungkin gw salah astu orang yang paling bahagia!!! Cita-cita banget tuh bisa pergi ke Inggris dan nonton live performance mereka di Wembley Stadium dari barisan paling depan. Kalau nggak kesampaian, ya cita-citanya dibagi dua, bisa nonton live performance Take That di mana pun dan bisa kesampain main ke stadium Wembley *amiinya bok!!*

Sting
Gokil! Kayaknya itu satu kata yang pas kalau gw diminta kasih deskripsi Sting dalam satu kata. Umur udah 60 tahun lebih tapi stamina manggung luar biasa. Kualitas vokal sejak zaman dia masih gabung di The Police sampai hari ini ga berubah sama sekali. Kalau kita liat live performance dia, udah bukan levelnya lagi ngomongin musikalitas, kualitas vokal, atau stage performance. Kalau ngomongin Sting perform secara live, kita udah sampai di level karisma, yoi karisma. Luar biasa banget karismanya di atas panggung. Nyanyi sambil gotong bas, eydan luar biasa! You’ll definitely get the thrill!! Pertama tahu lagunya dia itu pas dia masih gabung di The Police, yaitu lagu ‘de do do do, de da da da’ dan gw cuma komentar ‘ Ini lagu apa sih nggak jelas, du du da da, apa sih?’ And now I like him so much! Ini salah satu nomor favorit gw dari Sting yang berjudul 'Seven Day'. Album/video ini direkam di Lake House-Wiltshire-Inggris , rumah kepunyaan Sting. 



Beatles the Almighty
WOHOO!!!  Yang satu ini memang luar biasa. Meskipun ada orang yang nggak peduli musik sama sekali, tapi gw yakin kalau diperdengarkan lagu-lagu Beatles mereka pasti tetep tahu. At least ngeh ‘Oh, iya, gw pernah denger lagu ini.’ Lagu-lagu mereka jadi hits, gaya rambut jadi trend, gaya berpakaian ditiru. Luar biasa.  Dan kayaknya hampir setiap orang punya lagu favorit dari Beatles, at least satu lagu. Sebagian pasti suka here comes the sun, here there and everywhere, imagine, I want to hold your hand, hey jude, all you need is love, dll.  Gw sendiri? Favorit gw numero uno adalah ‘Let it be’. As I said, music can be the best companion, and 'let it be' always makes me better when everything seems so bitter *tjurhat moloooo*


Udah cukup belum beberapa contoh di atas untuk menggambarkan betapa mumpuninya musisi-musisi asal Inggris. Nggak terbantahkan bukan? Nggak heran sih kalau Inggris punya musisi terbaik, lha wong mereka punya Abbey Road : the best studio in the world!!


Nah, contoh di atas cuma sebagian kecil musisi Inggris yang luar biasa, gw sebutin mereka karena memang secara personal gw suka. Meski demikian, bukan berarti gw nggak mendengarkan musisi Inggris lainnya seperti Blur, Oasis, Coldplay, Suede, Travis, Ed Sheeran, James Morrison, Ben Howard, Ben Westbeech, dll.

English Musicians rule the Universe!
Jadi, nggak salah dong ya kalau gw pengen banget napak tilas ke tempat di mana musisi-musisi itu berasal? Napak tilas ke Beatles museum sambil ngamatin perjalanan mereka selama ini kayak gimana. Napak tilas ke negara yang berhasil menelurkan musisi dengan karya yang nggak ngebosenin meski didengar berkali-kali. Shahih banget tuh alasan-alasan dibalik kenapa gw musti banget berangkat ke Inggris. Nebayangin jalan nelusurin London sambil dengerin koleksi lagu favorit, ditambah nyemilin Mister Potato, it cannot be any better!!  Whoaaaaa!!!!

Buat permulaan, ya dengerin Sting sambil mam Smax aja di kamar. Yuk ah!


abaikan aja itu mata yang melotot :)))

No comments:

Post a Comment