Saturday, 11 October 2014

password

Pas awal-awal internet baru marak (((MARAK))) dan belum punya banyak akun di dunia maya, gw cenderung mnyamakan password yang gw pake. Misalnya password yahoomail sama password Friendster (((FRIENDSTER))) dibikin sama dengan alasan sesimpel bahwa gw ga perlu menghabiskan memori otak gw untuk mengingat-ingat password. Cukup satu yang diingat bisa untu macem-macem akun.

Seiring dengan berjalannya waktu, makin banyak akun yang gw buat  gw mulai mikir kayaknya perlu buat bikin variasi password deh. Awalnya variasi cuma ada pada salah satu hurup yang diganti jadi huruf kapital, tapi lama-lama kok ngerasa kurang cihuy. Mulailah gw bermanuver dengan berbagai macam password. Dari konten passwordnya yang bener-bener beda, variasi huruf kapital, sampe variasi upper karakter. Berasa aman sih tapi akibatnya gw sering lupa password, maksud gw SERING!!! ‘Jadi akun yang ini pake password yang mana ya?’ adalah salah satu pertanyaan paling sering gw tanyakan ke diri sendiri. Lalu coba-cobalah masukkin berbagai password sampe frustasi karena gagal mulu. Ya udah nyerah, klik ‘forget your password’ buat minta link masukkin password baru. Ternyata it’s not the end of problem karena hal yang sering terjadi adalah:



Kalo udah kayak gini KZL bingits deh ekeh!!!! Apeu banget deh nih daya ingat *minum ginko biloba sebakul*

Masalah yang lebih ngehek sih waktu kuliah kemarin. Tiap mahasiswa kan punya personal login yang mana passwordnya harus diganti tiap dua bulan sekali. Dan kampretnya lagi, sistem nggak nerima penggunaan ulang password yang udah pernah kita pake. Ide awal di mana gw cuma pengen punya dua password yang dipake bergantian pun gagal maning. Hvfth. Terus tiba-tiba temen gw datang memberikan ide brilian pada gw, ‘Gini lho Bening, kamu bisa tambahin jumlah huruf capital yang kamu pake di password. Kalau bulan pertama passwordnya xxxxx, bulan berikutnya ganti jadi Xxxxx, terus jadi XXxxx dan seterusnya. Mau yang gampang lagi? Kalau awalnya password kamu xxxxx, ganti jadi xxxxx_1, terus xxxxx_2 dan seterusnya.’ Gilak!!! Gw langsung merasa dia bagaikan Morgan Freeman yang turun dari langit pake baju putih ditambah efek-efek cahaya suci di belakangnya!!!!

Jadi begitulah persoalan kalo agak-agak pelupa. Masalahnya kalo lupa dalam kehidupan sehari-hari masih bisa dicatet di agenda, lha ini masa’ gw catet password gw di agenda, keamanan dunia akherat bisa terancam!


No comments:

Post a Comment