Sunday, 1 February 2015

7 Deadly Sins di Angkot

Bandung. Kenapa di Bandung? karena pengalaman naik angkot di tempat lain kurang mumpuni. pernah ngerasain naik angkot di Makassar dan malang tapi cuma secimit, pun di Jakarta naiknya pas hari libur. walhasil angkot sepi dan kurang mengangkang menantang. Kalo di Bandung mah gw udah malang melintang naik angkot, meskipun angkot yang dnaikin cuma yang itu-itu aja selama bertahun-tahun.

Ini dia 7 deadly sins di angkot (Bandung) versi gw:

Ketika angkot Caheum-Cibaduyut tak ubahnya kereta menuju Antwerp. 

Merokok. Umum sih ya ini. Tapi kampret aja gitu, meskipun di Bandung udah ada Perda yang ngatur bahwa merokok di angkot itu dilarang, kadang masih ada aja orang yang segitu ndablegnya naik angkot sambil ngerokok. Palingan berdoa dalam hati bahwasannya there’ll be a special place in hell for this kind of people. Udah ada aturan aja masih pada hobi ngelanggar-langgar apalagi jaman dulu, hvft. Udah ngerokok tebar-tebar abunya seenaknya aja ke antai angkot, cih!!

Bobok di tengah. Bukan bobok di tengah perjalanan atau pun bobok di tengah jalan, tapi bobok di tengah-tengah kursi angkot. Gini lho, gw itu hobi bener bobok di angkot, seriusan enak banget, efek bobok di angkot tuh kayak efek power nap *hyeuk*. Begitu naik angkot langsung merengsek ke pojok deket jendela-bobok-bangun nggak jauh sebelum tempat turun. Saking seringnya bobok di rute yang sama badan udah kasi alarm kapan harus bangun :))). Yang repot tuh kalau nggak dapet kursi di pojok tapi kekeh pengen bobok di angkot saking udah ngantuknya. Perasaan ini emang kampret luar biasa sih, ngantuk di angkot tapi nggak bisa bobok. Masalahnya kalau duduk di tengah kursi dan maksa buat bobok, seringnya jadi oleng dan nyender ke orang yang duduk di sebelahnya. Sebagai orang yang beberapa kali kesenderan mereka yang bobok di angkot, aku merasa ternodai terganggu!!! Lha wong nggak kenal tiba-tiba kepalanya jatuh ke bahu kita, apeuuuuuu. Bahuku kan shoulder to cry on, bukan shoulder to lean on kalau ada yang ketiduran di angkot. Untung kaga ileran, awas aja kalu ditambah ileran!!

Buang sampah sembarangan. Standar sih ini. Baik di angkot maupun di luar angkot bukan kebiasaan yang oke. Belum lagi kalau mamang angkot nggak bersihin angkotnya tiap hari. Kalau sampahnya kering-kering sih ya mendinganlah meskipun tetep kotor. Kalau yang dibuang sisa makanan, plastik sisa yang isinya bumbu kacang batagor tau saos cilok dan si angkot ga langsung dibersihin kan males juga. Tapiiiiii, baru-baru ini di Bandung, ada aturan bahwasannya di dalam angkot harus ada tempat sampah. Jadi angkot sekarang  ada tempat sampah yang disimpan  di bagian ujung. Pas di depan tempat duduk favorit gw kalau pengen bobok di angkot. Sialan!!! Tapi ya demi kemaslahatan umat, yowislah. Tapi tetep rempong sih ibarat si empunya sampah duduk di bangku yang letaknya di belakang supir, jauh cynnnn menggapai tempat sampah, selepotin di dalam beha dulu aja ya sampahnya.  Eniwei, buat yang belum tahu, selain angkot, mobil pribadi juga harus dilengkapi tempat sampah, kalau ke gap pas razia bakalan di denda. Jadi buat Jakartans yang hobinya buang sampah sembarangan ke luar mobil kala wekkend di Bandung, tolong ya dibantu ya.

PDA. Nih gw suka sebel nih *situ sebel apa sirik, Ning?!* Kalau cuma pegang-pegang aja *pegang tangan gitu* atau agak mepet-mepet sampai ngepet yowislah. Tapi kalau lebay atau  yang ampe nempel bingit terus ngomongnya sok bisik-bisik ampe nempel-nempel pipi gitu, hih!!! Get a room!! *sirik level 8658463,845*

Ngangkang. Wowwww...apakah ini postingan 17++? setelah PDA kok ngomongin ngangkang. Bukan!!! Maksudnya ngangkang itu penumpang laki yang kalo duduk kakinya dibuka selebar mungkin. Mbok ya kalo buka kaki selebar bahu aja, ini lebar bingit. Kita yang perempuan udah duduknya rapet aja masih merasa wilayah duduknya diinvasi. Kalo sebelahan duduk sama yang model begini bawaanya pengen nyikut lutut yang duduknya kelewat ngangkang. Tapi ya gw mana berani. Pfffttt.

Bau ketek. Mirip lah sama buang sampah, secara umum ini ganggu. Nggak musti di dalam angkot doang. Tapi bau ketek di dalam angkot bisa semakin mengerikan kalau angkotnya penuh, jendela nggak bisa dibuka, dan lagi macet parah. Selamat semaput wahai penumpang yang budiman. Apalagi kalau ada yang ngerokok, wis mending turun dari angkot terus ngesot ajalah. Padahal deodoran kan banyak di toko. Mau yang lebih alami tapi oke? Go grab baking soda.

Gunting rambut. Ini masih masuk ‘sin’ atau level lebih tinggi dari ‘sin’ yak? Mbuhlah. Jadi beberapa waktu yang lalu, di Bandung ini ada kejadian pemotongan rambut di dalam angkot. Jadi perempuan-perempuan masuk angkot dengan rambut bak gadis sunsilk, begitu keluar dari angkot wis dipotong. Mending kalau dipotong secara beradab, ini kan dipotong secara sembarangan di dalam angkot, ya rambut jadinya nggak karuan juga kan. Mungkin ada yang bilang mendinganlah di potong rambut daripada dicopet. Okelah kalau rambut dipotong berarti nggak kehilangan harta apa-apa, tapi kalau dipikir secara mendalam dan bijaksana, ini tuh lebih nyeremin daripada copet, in creepy way. Kalau nyopet sih jelas, butuh duit. Nyopet jam atau handphone pun akhrinya buat dijual. Kalau ngegunting rambut buat apa coba? Apa rambutnya diambil buat dijual ke salon jadi bahan wig? Atau ini iseng-iseng belaka? Ini yang ngegunting apa fetish rambut? Atau agak psiko? Atau mau ambil rambut buat dipelet? Serem bokkkkk!!!!! Gw sempet berharap kalau pada suatu hari si pemotong rambut akan apes. Cewek yang rambutnya panjang dan dia potong tiba-tiba menampakkan punggung yang bolong!! Biar kapok mereka. *ngetiknya serem sendiri*

Harusnya ada copet ya? Tapi copet sih udah bukan level ‘sin’ dalam artian nyebelin bin ngeselin, itu udah level lebih tinggi. Kalau ngebahas copet sih baiknya ngebahas modus-modus copet di angkot. Tapi gw nggak gitu gape soal ini, hahahahahahahaha.


2 comments:

  1. Pemotongan rambut di angkot mungkin upaya j*lbabisasi terselubung ceu..supaya cewe2 rambatanya ga menjuntai2 minta digunting.. *sumputin gunting*

    ReplyDelete
  2. @Nana: ceu...ja..ja..jangan-jangan, si elu adalah dalang di balik semua ini ceuuu

    ReplyDelete