Friday, 18 December 2015

Tentang Jilbab

Ini sebenernya tricky business. Kalau ada temen mulai tanya-tanya soal ini, gw bawaannya pengen pura-pura budek atau pura-pura kesurupan, pusing neyk eke *teteh mentor be like: 'astagfirrullah ukhti, jangan begitu. ayo jadi muslimah baik, sebarkan nilai-nilai islam.' Ngok!*. Jangankan ditanya pertanyaan berat nan fundamental soal jilbab, ditanya alasan kenapa gw pake aja gw ga bisa jawab. Lha emang gw ga tau, ga ada alasan, impulsip.

Di sini kan multikultur, jadi gw pikir orang paham soal jilbab ini. Begok ya gw? Gw nya sendiri ga paham, ngarep orang lain bukan muslim untuk paham *toyor*. Gara-garanya kemarin, waktu balik, gw duduk sebelahan di bus sama seseorang. Yaiyalah seseorang, masa sama kambing!! Nah mbaknya ini penasaran gitu soal jilbab, terus tanya-tanya. Kurang lebih:

'So, wearing headscarf is obligatory for you?'
'Hmmm hmmmm.' *menggumam dulu karena bingung mulai dari mana* *bohong deng, menggumam karena saking bodoh dan ceteknya ilmu gw* 'Different interpretation. I am regular person, I can't interpret Koran properly, so then some Islamic scholars who have an expertise will do. They have different interpretation about this matter. Some say you have to, some say no need. At the end, it's your personal choice.'
'So you chose to do it?'
'Hhmmmm. Sort of. I decided to wear it in 2008. Back then? Nope, I did not wear it.'
'Does it mean that not all muslim women wear headscarf?'
'Correct.'
'So, if it becomes personal choice, why I see kid in such young age like 3 or 4 wear it? I don't think they understand about it and I don't think it's in their capacity to choose.'

*Oke, semakin mencekam. Pura-pura kesurupan yang elagan gimana caranya?!?!*

'If it's such young as those little kids, their mom puts on them.'
'So, it's like what their mom wants? The kids don't choose? It's like their mom force them?'
'Hmmm, maybe not force them. It's a bit harsh. Those mothers have certain expectations about their kids and start putting a headscarf on their kids from young age, in their point of view, is something that they believe to be good for the kids.'

*Buat semua emak-emak yang ngejilbabin anaknya sedari kecil di mana anaknya belom ngerti apa-apa dan nggak punya pilihan, maafkan kalo jawaban gw di atas tidak merepresentasikan apa yang ada di pikiran kalian. Gw coba kasi jawaban sewaras mungkin tanpa berkesan 'maksa' anak yang belum ngerti apa-apa* *salim*

Habis gitu dia masih tanya-tanya, tapi nggak penting, seperti, 'Kalau cowok wajib pake jilbab nggak?' Gw kan pengen ngakak ngebayangin, misalnya, kakak gw pake jilbab. Pret abis ah!! :)))) Eh padahal gw harusnya jawab, 'Laki ga wajib pake jilbab, mereka cuma wajib sunat!!'

BAM!!

Abis gitu gw belokkan pembicaraan ke arah nggak penting. Seperti udah kerja berapa lama di kantor ini, tinggal di mana, dsb.dsb. Puyeng gw. Aku memang cemen.

Gini lho, gw takut salah ngomong. Baik salah ngomong karena Bahasa Inggris gw cuma segini-gininya, sehingga gw nggak mampu menyampaikan dengan bahasa yang pas dan pada akhirnya dese menangkap makna yang lain dari yang gw sampaikan. Hal lain, gw takut salah ngomong dalam artian, gw kan pasti mengungkapkan sesuatu yang berasal dari pemikiran pribadi, tapi lawan bicara gw kemungkinan besar akan meihat gw bukan hanya sebagai individu, tapi juga sebagai seorang muslim yang taat pada umumnya. Besar kemungkinan lawan bicara gw akan melihat jawaban gw sebagai representasi dari muslim kebanyakan. Padahal soal kayak gini bisa beda dari satu orang dan orang lainnya.

Gw jawab ada perbedaan pendapat soal wajib enggaknya pake jilbab. Padahal, mungkin aja kalau lawan bicara gw nanya sama orang lain, bisa aja dia dapat jawaban bahwa pake jilbab itu wajib hukumnya tertuang secara jelas di Qurán dan terpampang nyata sebagai kewajiban muslimah. Nah, priye iki?

Wajar ya kalau akik puyeng. 

Tapi itu tuh emang selalu jadi isu yang agak mencekam buat gw sejak jaman kuliah master. Kalau ada temen mulai tanya-tanya, berbi udah pusing duluan. Pengennya bilang, 'Hei liat, itu ada sapi terbang!!' pas si temen negok, gw ngabur secepet-cepetnya. 

Tapi jaman di Landa, meskipun sering dapet pertanyaan serius, seringnya dapet pertanyaan kampret. Semacem, gw ini emang pake jilbab karena emang mau pake jilbab atau sebenenrya karena gw botak? Kurang ajar emang mereka.
Atau permintaan liat rambut dengan cara, 'Ya udah kita kawin aja dulu, abis gw liat rambut lo, ya udahan.' Kurang ajyarrr!!!
Atau, 'Only girls can see your hair? Ok, I'll act like a girl. Can I see?' Ya ampun cynnn, meskipun situ ngondek, tetep aja ga bisa liat. Hyeuk! 

Udah dulu yah, teteh mau benerin jilbab dulu, bentar lagi melorot. *kemben kali melorot*

2 comments:

  1. Papa angkat Jepangku di malam terakhir keukeuh nanya kenapa masih ga boleh liat? Kita kan udah jadi keluarga? :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bapak angkatnya sweet abis ti!!! Berarti dia emang bener2 nganggep kamu kek keluarga :')), yaudah kamu liatin aja kalo gitu #eh

      Delete