Thursday, 3 December 2015

Wyatt Walker

Gw baru kelar baca David and Goliath. Ya okelah, tipikal Gladwell. Kalau ada duit dan energi lebih , mending baca Blink atau Outlier. Tetep.

Tapi biar gimana pun, tetep ada bagian kesukaan yang bikin gw langsung ngefans sama salah satu tokoh yang ada di dalam buku itu. Intinya ini buku cerita tentang kisah-kisah underdog, mischief, mereka yang banyak kekurangan dan dipandang sebelah mata tapi bisa menjadikan disadvantages jadi advantages. Halah. 

Salah satu ilustrasi cerita yang digunakan adalah perjuangan Martin Luther King Jr. melawan rasisme. Nah, dia punya salah satu orang kepercayaan, namanya Wyatt Walker. Gw nggak tahu sama sekali cerita/sejarah perjuangan King kayak apa, blank lah. Cuma kalau baca bagian ini dari buku David and Goliath, King itu keknya punya visi, idealis, lurus dan mulia. Sedangkan Walker itu punya visi tapi agak kampret.

1.
Walker pernah sampai ke pengadilan dan ditanya, 'Kalau kamu sampai ditahan, gimana kamu bisa meneruskan kampanye-kampanye kamu?' Dia dengan wolesnya bilang, 'Ah, ya nggak apa-apa. Biar orang lain yang mimpin kampanye. You know, all Niggers look alike anyway.' 

Bangkaiiii :))))!!!! Langsung suka. Suka sama yang bisa ngetawain dan bikin joke tentang diri sendiri.

2. 
Pernah King lagi ngasih speech di depan massa gereja. Lalu ada amukan gerombolan orang kulit putih mengepung gereja. Lalu, King diskusi dengan Walker dan satu lagi orang kepercayaan dia, Shuttlesworth. Lalu dengan penuh kebijaksanaan King bersabda, 'Demi kemaslahatan umat, kita bertiga ini lah pemimpin yang harus menyerahkan diri (pada pengepung).' Shuttlesworth manggut-manggut seraya bilang, 'Iya. Kalau itu memang hal yang harus dilakukan.' Gimana dengan Walker? Dia menatap King dengan dalam-dalam lalu berkata pada dirinya sendiri, 'This man must be out of his goddamn mind!!'

Karena nggak selalu kita harus 'lurus' melulu, kalau masih nyeamatin umat tanpa mengorbankan diri sendiri, ya ngapain musti ngorbanin diri? :)))). 

***

Ada beberapa contoh lain di mana Walker itu emang agak kampret dan pake taktik (agak) tepu-tepu. Dia sendiri bilang kalau King tahu, dia pasti diselepot dan idenya nggak akan diapprove. Karena memang King itu lurus dan idealis. Ih, tapi gw sih #TeamWalker banget karena katanya, tujuan nggak boleh diubah, kalau kepentok, caranya yang diubah. Kan Walker tetep mau memperjuangkan hak-hak orang hitam, 'musuh-musuhnya' banyak yang luar biasa keji dan akhirnya diperlukanlah akal, tepu muslihat, dan sikap  agak oportunis. 

Miriplah sama kehidupan kita sehari-hari. Ya, bukan perjuangan membela HAM juga, cuma trait-nya Walker bisa dijadiin #LifeGuide. Di mana dengan entengnya bisa ngetawain dan bikin joke tentang diri sendiri dan juga punya banyak akal untuk menyiasati polemik hidup tanpa harus merubah cita-cita.

Hedannnn, guah sok-sok mengambil pelajaran hidup. Pret!

No comments:

Post a Comment