Wednesday, 17 February 2016

Blokir

Begitu denger kalau Tumblr diblokir (di Indo), reaksi gw kurang lebih...



Katanya karena banyak konten porno di dalamnya. Iya sih, Tumblr tuh kayaknya banyak konten porno ya *lha?! kok gw tau?!*, pret ah!

Udah bukan rahasia ya, kalau banyak banget website yang diblokir di NKRI, awalnya sih situs porno. Okelah ya blokir situs porno, tapi mau sampai kapan dan sampai berapa jauh? Bok situs porno itu kan bak cendawan di musim hujan, belum lagi mereka itu gugur satu tumbuh seribu *lha?! kok gw mahfum ya?!* Dan kalau emang orang niat, pasti dapet lah apa yang diiinginkan. Maksudnya, kalau emang niat pengen nonton porno, mau situsnya pada diblokirin, pasti nemuuuuu aja cara buat tetep bisa nonton porno.Worth the effort kah dan udah sejauh apa efek positif yang ditimbulkan dari pemblokiran ini? Sejauh ini cuma asal blokir apa emang dipantau? Ada kontrol dan parameter sebelum dan sesudah pemblokiran? Kalau ga jelas dan yagitudeh doang mah buat apa? Kenapa sumber daya nggak dipake buat hal lain yang lebih penting aja gitu. Oh, atau blokir situs emang udah paling penting. Top priority.  Okelah, lupakan soal situs porno. Nanti gw dikira pro situs porno, terus dingajiin, dan dirukyiah. Hyuk. Cuma penasaran aja, bener ada efek positif yang terukur nggak?

Btw, selain situs porno, ada juga situs-situs lain yang kena blokir. Gw lupa situs apaan namanya yak, yang jelas banyak video-video di sana dan yang paling banyak protes adalah mereka pekerja seni atau mereka yang kerja di dunia kreatif. Buat mereka, situs tersebut adalah sarana mereka untuk belajar secara gratis. Banyak pengguna lain yang mengunggah video tutorial, jadi mereka bisa belajar dari sana. Gw nggak tahu sekarang situs ini masih diblokir atau dibuka lagi.

Untuk gw secara pribadi, yang paling bikin gw KZL adalah saat mendapati bahwasannya di NKRI situs urbandictionary diblokir, ya envelope, ini tuh sumber paling mumpuni buat gw dalam mencari arti kata selain g-translate. Emang sih, kalau via apps di smartphone masih bisa diakses, tapi kalau via website ya diblokir (gw nggak tahu sekarang masih diblokir apa kagak). Gw nggak habis pikir aja, it's only a (modern) dictionary for G sake!!! Mungkin karena coverage istilah yang begitu luas, banyak bahasa slank yang sifatnya seksual bisa ditemukan di sini, tapi tetep aja gw nggak ngeliat urgensi dari ngeblok urbandict. I seriously learn a lot from this dict. At some points it even gives me more comprehensive translation and explanation compared to g-translate. Gw inget waktu itu baca The Happy City,sebagai orang awam sama sekali, ketemu istilah sprawl (city) gw bengong dong, lalu.... 




Selain itu, gw belajar istilah dan idiom lewat urbandict. Tahu kan ya gw hobi nonton Graham Norton Show? Dari acara itu gw belajar banyak idiom yang dipake Graham mau pun bintang tamu. Misal cut a rug atau lie like a rug. Emang sih, banyak juga istilah nggilani yang pada akhirnya gw pelajari, tapi menurut gw, tetep aja posisi dia ya sebagai kamus. Lebih baik lo tahu arti suatu istilah, kemudian berhati-hati atau memilah apa pantas istilah tersebut dipakai atau nggak. 

Gw inget, jaman sekolah musim panas, ada seorang temen dari Cina yang tiba-tiba nyamperin gw dan anak lainnya dan ngomong pake F-word nggak berkesudahan. Setelah diusut, ternyata dia nggak tahu maksud kata tersebut dan temen gw yang lain, anak Mexico, ngajarin (baca: menyesatkan) dia buat menggunakan kata tersebut. Ya salammm.  

Gw bersyukur, saat ini gw sedang tinggal di mana Tumblr masih bisa diakses, bukan buat nonton bokep *ih ngapain nonton bokep di Tumblr, lha wong situs porno beneran nggak diblokir di mari* *sesat* *ambil wudhu*, tapi karena gw pake Tumblr buat repost gambar lucu atau upload rekaman nggak penting gw. Maklem, #MenujuBeningGoInternesyenel!!!

Mungkin ini yang namanya you don't know what you've got till it's gone. Iye, gw lagi ngomongin Tiffy. Dulu dicela-cela nggak berkesudahan, eh, sekarang ketika udah lengser (mungkin) ada yang merindukan :)))

Update pagi ini!!

Katanya Tumblr batak diblokir yeeee, lho, kayak yang kemaren ngelarang Go-Jek terus berubah pikiran. Nemu gambar yang bisa mendeskripsikan dengan paripurna...

 

4 comments:

  1. beningggg,, urban dictionary nya ga diblokir.. ihhh baru tau da web ini keren ya..
    selama ini cuma pake thesaurus ama g translet.. hahaha
    ehhhh.. ko salah fokus :P

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh, ga diblokir ya? hahahahaha...baguslah, bisa dapet banyak istilah baru dari situ :)))

      Delete
  2. situs porno apa aja sih yang di blokir? gw kayanya masih gampang aja tuh buka2 situs underground sama web streaming JAV..

    yang di blokir malah mangapanda.. tapi itu masih bisa ke buka pake proxy macam http://www.site2unblock.com/proxy/

    hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. kenapa lo tanya situs porno yang diblokir apa aja? pasti lo mau mancing-mancing gw? *mata memicing*

      nah kan, gw bilang juga apa, kalau udah niat, mau diblokir kek mau diapain kek, pasti nemu jalan buat ngakalinnya...bagosss

      Delete