Monday, 17 October 2016

Instagram Komentator

Dari berbagai platform sosmed, Instagram ini sebenernya yang paling lucu (sekaligus ngeri sih) kalau mengacu ke komentar-komentarnya/caption. Dari mulai caption foto dari orang yang bersangkutan sampai komen-komen dari khalayak umum/follower suatu akun di Instagram. Platform sosial media yang lain ga usah dibahas laya, apalagi fesbuk, nanti pala pada pecyaaahhhh, apalagi menjelang pemilu begini, baik pemilu gubernur DKI Jakarta pada khususnya atau pemilu Amerika pada umumnya. Hyuk. Ada banyak tipe komentator di Instagram, tapi secara garis besar, yang paling sering gw temukan adalah seperti yang berikut ini.

Direct Sista Online Shop
Sista online shop di ranah Instagram itu bak cendawan di musim hujan, banyak amat sih. Mereka ini biasanya gencar posting komentar di akun Instagram artis kenamaan berfollower banyak. Entah artis di dunia nyata, dunia maya, atau siapa pun yang dirasa punya followers banyak. Nggak peduli sikonnya kayak apa, foto yang diposting si artis seperti apa, pokoknya gencar mempromosikan produk. Entah kenapa, yang paling sering gw temui adalah pemutih, pelangsing, peninggi badan; lalu pembesar payudara; dan juga cara supaya cepat hamil. Mungkin target market di Indonesia menjanjikan, jadi banyak sista olshop yang fokus sama produk seperti ini. Gw sendiri bingung sih, sebenernya seberapa laku dan seberepa efektif produk yang mereka tawarkan ini, lalu, konsumen pengguna instagram yang mana sih yang mereka sasar.  

Komen-komen dari sista olshop ini biasanya lumayan menghibur, baik dari sisi konten maupun cara penulisan. 

Contoh di atas adalah tipe komen yang hiperbola lahir-batin dan dunia-akhirat. Produknya berkualitas di mata internasional, alat super pembesar payudara super (double super ya bokkk), konsumen tergoda dan termanjakan. Azeg.

 
Cukidh mata bacanya, priye iki? Tapi ingat nasihat yang diberikan, 'Uang bisa dicari, waktu tak akan kembali.'

Indirect Sista Online Shop
Tujuannya masih sama, menjadikan bangsa Indonesia tinggi, putih, langsing, berdada besar dan hamil. Triknya masih sama, dengan tebar-tebar komentar di akun Instagram seleb kenamaan, bukan dalam bentuk iklan produk secara langsung, tetapi berupa testimoni kepuasan atas produk yang direkomendasikan oleh si seleb tersebut. Misalnya kayak yang begini ini.

Kenapa komen yang atas harus dipakein umlaut dan spesial karakter lainnya??? *pemilik akun berkata, 'yey, terserah gw kelesss'* Hal lain adalah, on the scale of 1-100, what is the odd that Incess will use that type of product??? I bet the odd is -1000000.972736. Dia mah cus Singaparna kalau mau menghempas lemak-lemak manja atau nge-gym dengan personal trainer, atau olahraga dengan 20Fit. *edan. gw khatam abis sama instagram Incess, bentar lagi hafidz*

Tukang Tagging 
Kadang men-tag teman-temannya supaya nggak ketinggalan gosip, karena gosip berjamaah pasti lebih seru daripada gosip sendirian *yaiyalah, gimana coba caranya gosip sendirian?* Atau yang biasanya terjadi adalah men-tag artis ketika dia mendapati suatu akun menggosipkan artis tersebut.

genggong jangan sampai ketinggalan gosip!!

Ceramah  
Ceramah yang disampaikan bisa berupa doa santun semoga si artis menjadi lebih baik atau dalam bentuk caci maki tapi bawa-bawa agama. Dalam bentuk santun biasanya masih enak dibaca, tapi tetep gengges ya mak, misalnya, 'Semoga Allah memberi hidayah untuk kamu ya [insert nama artis] supaya bisa jadi ibu yang baik.' Kalau dalam bentuk caci maki biasanya si artis di 'istigfar-istigfar'-kan sambil disumpah serapahi, misalnyta, 'Astagfirullah, semoga Allah segera menyadarkan kamu dan azab tidak menimpa keluarga dan anakmu yang tidak berdosa. Naudzubillah.'

Tipe ceramah sambil caci maki adalah bentuk komen yang paling ngeri. Gw kadang sampe begidik sendiri.

Meminta Klarifikasi for the Peace of Mind
Tipe komentator yang biasanya ditemui di akun instagram seleb atau akun instagram yang isinya membahas gosip selebritis. Pokoknya dia ingin mendapat kedamaian hakiki dengan cara meminta klarifikasi dari artis yang sedang tertimpa gosip. Biasanya bentuk komentarnya ditulis dengan berapi-api bak aktivis sedang orasi. Menggunakan bahasa yang agak njelimet dan men-tag artis yang bersangkutan dengan harapan si artis memberi klarifikasi. 

This one is one of my personal favorites. Ibarat John Oliver bisa Bahasa Indonesia, komen ini bisa dia bahas sampe pemirsa ngakak njengkang.
 
'Mba boleh saya bertanya?' Oiya boleh lah, kebebasan berpendapat kan diatur undang-undang.
'Agar tidak semakin banyak dosa2 orang2 yang saling mengolok2 artis2 mereka masing2.' Laaahhhh kenapa nggak you semua tahan diri sendiri supaya ga mengolok-olok artis? Seperti halnya gw yang sekarang seharusnya ga nambah-nambahin dosa diri sendiri dengan ngomentarin komen di atas begini rupa :)))))
'Siaran TV dipenuhi rasa duga duga dan prasangka buruk..', 'Kasihan kami yang ga bisa menonton TV dgn berita yang benar.' Kenapa jadi tanggung jawab dia soal siaran TV??? Why oh whyyy??
 
Omagahhhh!!!! :')))

Quote dan Foto yang Jaka Sembung 
Kalau ini lebih ke pengguna sih, si pengunggah foto. Kadang foto sama caption/hasthtag masih nyambung ya, misalnya foto dese sedang workout, lalu captionnya, 'Mena sana in corpore sano,' atau hashtag #PertemananSehat (for me personally, it's more like #PertemananGendat). Tapi sering juga yang gw temui adalah foto ootd dengan caption yang nggak ada hubungannya dengan foto tersebut. Masalah Ning? 100% nggak, but why it should be Jaka Sembung makan micin, nggak nyambung cynnnn...

Absolutely ootd tapi captionnya quote.


Sebenernya masih ada banyak tipe komen di instagram, yang kalau nggak diambil pusing sih jadinya lucu, ye nggak sih?

2 comments:

  1. "Kenapa komen yang atas harus dipakein umlaut dan spesial karakter lainnya?"

    ada maksudnya itu Ning.. itu biar lolos dari filter commentnya insta.. jadi beberapa seleb suka pasang block di kata "pemutih" "pelangsing" "payudara" "produk" dll supaya auto reect komen yang ada kata2 itu... nahhh salah satu cara ngakalinnya ya pake umlaut dll :)))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oiya bener!!! Gw inget, salah satu blogger tiap lagi gosipin artis pasti ngeganti 'a' pake '4' biar ga bisa di gugel. Tapi instagram emang warbiyasak, gw pernah nemu yang jual kuntilanak, kzl X)))

      Delete