Monday, 10 July 2017

Zaman Sekarang Semua dibilang Rasisme

Gw habis nonton video ini, jangan tanya apa yang gw perbuat sampe gw nyasar dan nonton videonya Xiaxue.


Xiaxue ini ngetop di Singapura, awalnya dari blogging kalau nggak salah. Dia bisa populer salah stunya karena kadang kontroversial dan doi terbuka soal operasi yang dia lakukan. Satu hal yang gw acungi jempol dari dese adalah attitude dia yang cuek aja dan terbuka soal operasi-operasinya, ibaratnya, 'Emang gw aslinya jelek, emang muka dan badan gw hasil permak semua. APE LO APE LO?' *yo go gurl!!*

Dan ajaibnya *apa ajaibnya?!* gw setuju dengan pendapat dia megenai rasisme. Gile, hari gini bok, segala tindakan kalau nggak dikait-kaitin ke agama, ya dikaitin ke rasisme, hate speech, atau apalah itu. Ada jaman di mana kita santai aja ketika bilang hal sepele semacam, 'Halah pelit lo dasar Padang,' dan orang yang dikatain paling ketawa sambil bilang, 'Setan lo!!' Sekarang? Boleh jadi reaksi yang lo dapet kurang lebih, 'Rasis banget lo, minta maaf sama semua Orang Padang.'


Kalau menurut English Oxford Living Dictionaries, definise rasisme adalah
Prejudice, discrimination, or antagonism directed against someone of a different race based on the belief that one's own race is superior.
Menurut gw *yang tentunya bukan orang dengan latar belakang ilmu sosial*, kuncian dari definisi di atas adalah  based on the belief that one's own race is superior, yang mana tricky ya, mana gw tau kalau ada perbuatan yang dilakukan berdasarkan kepercayaan dia bahwa satu ras superior dari ras lainnya.

Balik lagi ke video di atas, gemes banget gw sama bocah-bocah di video tersebut. Pertanyaan (dan tentunya jawaban) yang paling bikin gw gemes adalah.


Btw, yang paling kanan jawab rasis juga.
Gw nggak paham di mana rasisnya ini, tolong jelaskan mungkin ada yang somplak dengan otak gw? Tapi rasanya nggak sih. Apakah perilaku komplennya berdasarkan superiority? Dan yang paling lucu adalah pertanyaan lanjutan setelah ini.

BOCAH-BOCAH TERDIAM DAN NGGAK LANGSUNG NGASIH JAWABAN. MAU JAWAB RASIS TAPI RAGU, GA JAWAB RASIS KOK HIPOKRIT GARA-GARA PERTANYAAN SEBELUM INI. KAN GW NGAKAK :))))


Kzl deh ini. Remember the time when Beckham wore a particular type of Sarong *though it's considered as his big fashion fail :)))* and all of us just chilled and saw it as a sign of appreciation to different culture. 

Di akhir video, Xiaxue bilang, 'People are so hell ban on playing identity politics nowadays that they don't realize that this is actually segregating society further and further and causing people to dislike each other's group.' True.

Walhasil, mau bercanda di twitter aja jadinya maju mundur akhirnya ga jadi ditwit, ya kan serem bok. Ujung-ujungnya sih ternyata gw cemen :))).

4 comments:

  1. Ya ampyun XiaXue... dia mah bukan kadang kontroversial, emang SELALU kontroversial XD

    Baca blognya dia seru, tapi sekarang mah doi ngeblog kalo mau ngajak ribut aja. Ada tuh salah satu postingannya yang hasil investigasi dia selama setahun. Edan lah mau ngajak ribut aja dedicated parah... XD

    ReplyDelete
    Replies
    1. Eh, selalu yak? hahahahahaha. Gw belum khatam blognya euy, pun sekarang dia udah jarang update ya, sibuk kayaknya.

      Delete
  2. bener ya.. kayanya kalo gw sewain ruangan untuk bebas cacimaki tanpa kena tuntutan hukum laku tuh sekarang...

    sebelum masuk tanda tangan pake materai dulu, "dilarang baper" kalo baper atau manjangin masalah kena denda 1 milyar :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lu mah ujung-ujungnya tetep bizniz boz, sewain ruangan dan denda.

      Delete