Wednesday, 25 October 2017

Apa yang Dilakukan Ketika Akun Netflix Dibajak

Meski gw udah sempat menjabarkan via Twitter, tetep gw akan tulis sekelumit pengalaman yang tidak menegangkan ketika gw mengindikasikan bahwa akun Netflix gw dibajak. Kenapa? Yabes gada bahan buat nulis di mari.

YHA.

Jadi begini, pagi ini gw bangun dan mendapati email di inbox gw yang berbunyi....


Lha, gimana ini, gw nggak pernah minta atau ngganti settingan Netflix gw menggunakan alamat email yang lain. Hmmmm, mencurigakan, ini pasti kerjaannya orang kampret yang mau ngebajak akun Netflix. Setelah baca email ini, gw meluncur menuju Netflix yang mana menunjukkan halaman awal di mana lo musti login, padahal selama ini gw nggak pernah logout Netflix, jadi seharusnya, ketika gw masuk websitenya langsung masuk ke akun gw. Ketika gw coba untuk login, dia bilang alamat email gw nggak terdaftar, silakan register kalau mau. 

Wah, setan ini, bener ada yang ngehack akun gw!!!!!

Akhirnya melaui link contact us yang ada di email di atas, gw diarahkan ke help center-nya Netflix, pertamanya gw milih live chat untuk minta dibantu urusan ini, karena gw gregori kalau musti nelpon, jangan-jangan operatornya nanti ngga paham Bahasa Inggris gw yang kental akan logat Bantul campur Sunda. Setelah gw ngetik pesan, window live chat-nya mengatakan bahwa gw akan mendapatkan respon dalam waktu sekitar satu menit yang ternyata hanya harapan semu belaka. Karena gw nggak sudi si hacker bisa berlama-lama pake akun Netflix gw secara cuma-cuma, akhirnya gw donlot aplikasi Netflix di handphone lalu gw teloponlah help centernya melalui app tersebut. Tenang, nelponnya nggak pake pulsa, tapi pake koneksi internet.

Begitu nelpon, responya cepat. Hal pertama yang gw ucapkan ketika tersambung ke operator adalah 'Good Morning,' yakali, mana tahu ini operatornya berbasis di US, dalam hati mungkin dia berkata, 'Good morning gundulmu! Ini gw shift malem kelessss!!!' Setelah gw ceritain soal penggantian email yang nggak pernah gw lakukan, mz operatornya mengembalikan akun gw dengan cara yang sederhana.
1. Dia akan menanyakan nomor handphone yang lo gunakan ketika registrasi Netflix
2. Setelah lo beritahukan nomor handphone lo yang menunjukkan bahwa lo memang pemilik akun tersebut, maka operator akan mengirimkan kode verifikasi
3. Lo akan diminta menyebutkan kode verifikasi tersebut
4. Operator di help center akan mengembalikan akun lo seperti semula dengan memberikan password sementara, 'Oke, Saya udah balikin akunnya, coba Kamu login menggunakan xxxx sebagai password.' 
5. Setelah itu semua selesai dan lo akan diminta memberi rating dari pelayanan yang barusan lo dapat

Kalau gw bilang sih pelayannya oke dan sigap yak, mereka dipasang di help center bukan cuma karena bisa ramah sama customer yang seringnya ngomel-ngomel, tapi emang bisa bantu menyelesaikan masalah. Selain itu, salah satu syarat jadi operator help center kayaknya harus memiliki suara yang mikrofonik deh, yabes mz-nya suaranya cucok meong dehhhh.

Begitu akun Netflix gw kembali, hal pertama yang gw lakukan adalah mengganti password, setelah ganti pasword, gw ceklah aktivitas terakhir yang terjadi, lalu gw mendapati....



Bangke nih, hacker Netflix gw lokasinya di Dominika dan udah sempat mengakses tiga show; Naked, Little Man dan Heroin(e). Selain itu, ketika gw coba ngetes nonton film, tiba-tiba default bahasanya udah berganti  jadi Spanyol. Fix ini, hacker gw lokasinya di Dominika dan kemungkinan emang orang Dominika, ngok!!

Untuk itu, gw ada saran awam yang bisa gw bagi untuk para pemilik akun Netflix di luar sana.
1. Secara berkala, mungkin password bisa diganti-ganti, entah ini menolong apa enggak sih
2. Secara berkala (juga), cek aktivitas di akun Netflix kalian, kalau mislanya ada aktivitas yang mencurigakan, bisa ketauan sedari awal. Misalnya, ada yang akses akun Netflix lo dari Antartika padahal elo sedang di Mars
3. Default bahasa pun bisa dijadikan indikator. Kalau default bahasa yang lo pakai Inggris dan pada suatu hari berubah jadi Spanyol, bisa jadi ada yang membajak akun Netflix lo meski orang tersebut tidak mengganti akun email yang digunakan untuk login.

Sekian pengalaman akun Netflix dibajak, yang seperti sudah gw katakan, tidak menegangkan sama sekali dan dengan kesigapan dapat lagsung diselesaikan. Semoga tips awam dari gw bisa berguna.

No comments:

Post a Comment