Sunday, 24 December 2017

Toleransi Ucapan Natal Zaman Now

Ini isu ga akan kelar- kelar sampai kapan pun. Sampai gw reinkarnasi berkali-kali dan terlahir kembali dalam berbagai bentuk: Ratu Inggris, babi Ti Pat Kay, monyet Sun Go Kong, sampai Tong Sam Cong dan gw akan melakukan perjalanan ke barat mencari kitab suci. Kalau dulu isunya lebih kuat di orang-orang yang nggak mau ngucapin dan rese sama yang ngucapin (baca: ngafir-ngafirin), sekarang kok kayak ada sedikit pergeseran tren? Yang suaranya mayan keras jadinya kaum 'toleran' yang ngucapin natal, namun rusuh sama yang nggak mau ngucapin meski yang nggak mau ngucapin adalah tipe selow dan nggak ngafir-ngafirin.

Akan selalu ada golongan yang nggak mau ngucapin karena hal itu mereka anggap berlawanan dengan apa yang mereka percaya. Percaya sama bumi datar yang udah jelas-jelas ga masuk akal aja nggak bisa diapa-apain, apalagi kalau udah urusan agama. Masalahnya, hanya karena seseoarang atau sekelompok orang nggak mengucapkan natal, nggak serta merta membuat mereka jadi rese dan rusuh ngafir-ngafirin orang. Di antaranya banyak kok yang selow sama temennya yang ngucapin dan nggak pernah rese sama sekali, ikut berbahagia dengan liburan, festivity dan diskon yang ada tanpa menebar kontroversi. Di balik itu, ada juga grup yang (merasa) 'toleran' hanya karena mengucapkan natal, tapi  justru nggak bisa mentolerir mereka yang memilih untuk tidak mengucapkan meski orang-orang ini golongan damai, nggak ngajak rusuh dan nggak ngafir-ngafirin. Mandeg dan nggak bisa nerima faham yang bersebrangan meski itu harmless. Lain cerita ya kalau yang memilih nggak ngucapin mengafirkan dan menyebarkan kebencian tentang hal tersebut.

Gw sampai bingung toleran tipe begini kalau dimasukkan di Hitler-Hank Spectrum letaknya dimanose yak?

Versi orijinal dari Hitler-Hank Spectrum diambil dari Last Week Tonight episode Confederacy 

Auk ah.

Terus lo termasuk mazhab yang mana Ning? I am done with greeting phase. I am in the phase of attending xmas dinner but still maintaining  a soleha facade bcos at one dinner I tried to avoid pork but ended up grilling the veg and cheese on the pan used to grill pork and I definitely ate all that lard may God forgive me. I am not proud, I'm just telling.

In case you think you are the most tolerant group because you're that hippie-liberal-progressive, think again and have a look on this article titled Why Liberals Aren’t as Tolerant as They Think

Ok, now let me go back watching my usual comfort movie on xmas time, Love Actually. Bhay.

No comments:

Post a Comment